Tes Buta Warna

Tes buta warna merupakan salah satu tes persyaratan masuk ke sebuah perusahaan BUMN ataupun multinational, PNS, TNI/polri, perguruan negeri, etc.

Tes buta warna ini terdapat dua macam yaitu tes buta warna 14 plate atau tes buta warna 38 plate dimana sebenarnya isi dari tes buta warna 14 plate ini sudah termasuk pada tes buta warna 38 plate yang biasanya digunakan pada rumah sakit besar atau ternama. Sedangkan tes buta warna 14 plate biasanya digunakan pada rumah sakit kecil atau puskesmas.

Tes buta warna ini terlihat sangat sederhana dan sangat mudah bagi orang-orang yang tidak menderita buta warna. Tetapi, tes buta warna ini akan menjadi sangat rumit bagi penderita buta warna total atau pun parsial dimana para penderita buta warna akan melihat angka yang berbeda dengan angka yang dilihat oleh orang normal.

Contoh nya: pada suatu soal, orang normal akan membaca angka tersebut 74. Sedangkan penderita buta warna akan membaca angka tersebut 21 pada tes buta warna di buku ishihara.

Penderita buta warna parsial akan merasa kaget ketika pertama kali mengikuti tes buta warna karena mereka merasa normal pada kehidupan sehari-hari yang bisa melihat warna secara independent seperti ketika melihat warna pada lampu merah yaitu warna merah, kuning dan hijau. Tentunya tes buta warna tidak dilakukan secara independent seperti hal nya tadi dimana akan dilakukan dengan menyusun kumpulan warna yang akan membentuk suatu angka dan jalur pada buku ishihara. Dan disini lah penderita buta warna akan diuji dengan menyusun warna-warna tersebut  secara gradasi yang akan menyebabkan angka yang dilihat oleh orang normal berbeda dengan penderita buta warna.

Berikut ini adalah contoh-contoh soal pada tes buta warna:

Selamat mencoba Tes Buta Warna & silahkan mengikuti instruksi di bawah.

GOOD LUCK!!!!

Tes Buta Warna
1. Angka apa yang Anda lihat pada lingkaran di atas?

untuk melihat jawaban tes buta warna, geser ke bawah

tes buta warna

Jawaban nya adalah angka 12

tes buta warna
2. Angka apa yang Anda lihat pada lingkaran di atas?

untuk melihat jawaban tes buta warna, geser ke bawah

tes buta warna

Jawaban nya adalah angka 15

1 Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.