Teknologi 4G

Mobile Broadband Battlefield

Gambar 6 - Mobile Broadband (www.4g.co.uk)

Gambar 6 – Mobile Broadband (www.4g.co.uk)

Pada saat ini, operator menggunakan segala cara untuk memikat pelanggan. Untuk memenangkan lebih banyak pelanggan, operator mencoba untuk membangun jaringan tercepat dengan cakupan geografis dan populasi terbesar. Untuk membangun jaringan mereka, mereka membutuhkan spektrum. Selain modal untuk membangun infrastruktur, spektrum adalah sumber daya tunggal yang paling penting untuk operator. Spektrum adalah rentang frekuensi radio yang dilelang instansi pemerintah untuk operator. Operator pergi ke pertempuran dengan satu sama lain untuk spektrum yang terbatas. Operator saling berebutan untuk mendapatkan spektrum yang terbatas tersebut. Mereka yang memiliki akses spektrum dapat memberikan penerimaan terbaik bagi para pelanggan mereka, dan dengan demikian dapat meraup lebih banyak pelanggan dan pendapatan.

Spektrum sangatlah mahal. Misalnya, dalam upaya untuk memperluas jaringan 4G-nya, AT &T mengeluarkan dana hampir $2 miliar untuk blok 700 MHz spektrum yang meliputi sekitar 300 juta orang di Amerika Serikat. (sumber: Apple Insider)

Frekuensi yang lebih rendah seperti 700MHz adalah yang paling diinginkan, karena mereka “menetap”, seperti kabut tebal dan mereka mampu “menembus penghalang”, seperti gedung. Sebaliknya, frekuensi yang lebih tinggi bekerja di “line-of-sight fashion” dan mereka lebih mudah tersebar oleh benda acak dan gangguan lainnya.

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...