Teknologi 4G

Tentang 4G keseluruhan

Gambar 4 - 4G Definition (www.slideshare.net)

Gambar 4 – 4G Definition (www.slideshare.net)

4G bukanlah sebuah revolusioner melainkan hanya sebuah evolusi dari teknologi 3G. Dibandingkan dengan jaringan 3G, 4G memiliki beberapa keunggulan spesifik, yaitu: Peningkatan kecepatan adalah faktor yang mungkin paling signifikan. Dengan 3G, smartphone umumnya melihat kecepatan download hingga sekitar 2Mbps. Sebagai perbandingan, 4G bisa menggeser kecepatan 3G tersebut menjadi cukup tinggi, sekitar 3 sampai 5Mbps. Hal tersebut seperti kecepatan sebuah komputer rumah yang menerima sinyal melalui kabel modem. Secara teori, Kecepatan 4G bisa bisa mengakses internet jauh lebih cepat, yaitu: 100Mbps, tetapi hal tersebut masihlah sebatas data teoritis yang tidak akan terjadi di dunia nyata dalam waktu dekat.

Mark Murphy, pemimpin inovasi di Ericsson, mengatakan bahwa selain kecepatan, 4G memiliki beberapa ciri yang mendefinisikannya dapat berdiri secara terpisah dari teknologi sebelumnya. 4G memiliki kapasitas yang lebih tinggi sehingga aplikasi multimedia seperti video calling atau klip YouTube bekerja lebih lancar. Sebuah 4G LTE (Long Term Evolution) tower dapat melayani sekitar 300 atau 400 orang. Sedangkan menara 3G, sekitar 60 sampai 100 orang dapat berbagi sinyal yang cepat dan handal.

Selain itu, fitur 4G juga mengurangi latency. Dengan berkurangnya latency atau penundaan, Anda dapat melihat respon yang lebih cepat untuk apa yang Anda perintah, Hal ini sangat membantu ketika Anda sedang bermain gameonline serba cepat atau mengendalikan mobil bahkan robot secara jarak jauh. Sebuah jaringan yang memenuhi syarat sebagai kecepatan real-time memiliki latency 50ms (milidetik) atau kurang; sedangkann4G LTE memiliki latency hanya sekitar 20 sampai 40ms. Latency rendah juga berarti panggilan suara tidak memiliki lag atau gema.

4G jauh lebih efisien daripada 3G. Bayangkan spektrum radio sebagai pipa diameter tertentu, hanya begitu banyak data dapat keluar masuk melalui pipa yang sama pada  waktu yang sama. Tapi, 4G menggunakan skema peng-kodean cerdas untuk meningkatkan jumlah data secara signifikan yang bisa keluar masuk melalui spektrum. Pada akhirnya, itu memberikan lebih banyak bit per hertz daripada 3G.

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...