Teknologi 4G

Feature Jaringan 4G All-IP (internet Protocol)

Gambar 3 - Feature Jaringan 4G (www.slideshare.net)

Gambar 3 – Feature Jaringan 4G (www.slideshare.net)

Anda sudah tahu bahwa 4G hanya sebuah sistem radio yang lebih canggih. Tantangan tersendiri bagi insinyur dan programmer untuk dapat mengemas sinyal digital sebanyak mungkin ke dalam setiap sinyal radio, sehingga dapat memaksimalkan kecepatan dan efisiensi jaringan secara keseluruhan. Seperti 3G, jaringan 4G berdasarkan IP (Internet Protocol) yang berarti jaringan tersebut menggunakan protokol komunikasi standar untuk mengirim dan menerima data dalam bentuk paket. Tidak seperti 3G, 4G menggunakan Internet Protocol (IP) juga untuk data berbentuk suara. Ini adalah standar all-IP.

Dengan menggunakan paket standar 4G, data Anda dapat melintasi segala macam jaringan tanpa mengalami kerusakan. Untuk mengirim dan menerima paket, pertama-tama ponsel Anda harus berkomunikasi dengan base station. Base station hanya sebuah industri yang menjadi sarana komunikasi bagi paket tersebut yaitu berbentuk menara sel tinggi yang dipasangi segala macam peralatan antena; base station menyampaikan data dari internet ke perangkat mobile Anda ataupun sebaliknya.

Saat ini, sebenarnya sistem 4G tidak benar-benar all-IP, hanya karena masih ada banyak tumpang tindih antara 3G dan bahkan jaringan 2G di seluruh seluruh dunia. Tetapi sebagai kemajuan infrastruktur 4G, sistem pengiriman data all-IP akan lebih sepenuhnya terwujud. Gagasan nirkabel berbasis IP adalah salah satu faktor yang mendefinisikan 4G.

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...