Mengapa AC (Air Conditioner) Harus Rutin Dibersihkan?

Mengapa AC harus Rutin DibersihkanSebelum mulai jual rumah di Semarang, sebaiknya cek terlebih dahulu berbagai macam perabot atau furnitur rumah agar tidak rusak pada saat dibawa pindah. Jika kamu akan menjual rumah lengkap beserta isinya, pengecekan juga tetap dilakukan. Perabot rumah seperti AC misalnya, harus rutin dibersihkan. Pendingin udara yang lalai dibersihkan akan mengganggu kualitas udara di dalam ruangan. Kesejukan ruangan juga nantinya akan berkurang. Oleh karena itu, penting untuk selalu membersihkan AC secara rutin.

Di dalam AC, terdapat bagian bernama filter. Filter ini dikhususkan untuk menangkap debu atau berbagai macam polutan, seperti bakteri, virus, hingga serbuk sari tanaman. Bila filter kotor, maka dapat tersumbat dan menjadi lembap sehingga jamur mudah bersarang. Hal ini tentu saja sangat tidak baik untuk kesehatan.

Lebih Bersih, Lebih Baik

Jangan sampai harga rumah di Bali turun gara-gara kualitas udara di dalam rumahnya buruk akibat jarang dibersihkan. AC yang rutin dibersihkan ternyata juga dapat menghemat energi sehingga biaya listrik menjadi lebih rendah. Hal ini karena jika filter tersumbat, maka AC akan semakin sulit bekerja sehingga membutuhkan energi yang banyak agar dapat bekerja secara maksimal untuk mendinginkan ruangan.

Membersihkan AC sebaiknya dilakukan secara berkala, yaitu selama beberapa minggu sekali kamu wajib untuk membersihkan filter AC. Ini juga tergantung dari pemakaian yang dilakukan, biasanya AC dibersihkan rutin selama 3 bulan sekali. Semakin AC sering digunakan, tentu semakin sering pula harus dibersihkan untuk mencegah kotoran yang menumpuk agar filter tidak tersumbat. Ada beberapa jenis AC pula yang filter-nya dapat dilepas dan dipasang sehingga mudah dalam membersihkannya. Filter semacam ini juga harus diganti, minimal satu tahun sekali, tergantung penggunaannya.

Bagaimana Cara Membersihkan Filter?

Sebaiknya, sebelum jual rumah di Semarang cek terlebih dahulu AC rumah, apakah masih berfungsi secara maksimal atau tidak. Untuk membersihkan filter AC, kamu harus membuka penutup AC terlebih dahulu lalu lepas filter. Gunakan penyaring debu untuk membersihkan kotoran yang menempel, bisa juga dengan menggunakan sikat. Jika filter sangat kotor, cucilah menggunakan campuran air hangat dan sedikit deterjen kemudian bilas hingga bersih. Setelah dicuci, keringkan filter sampai benar-benar tidak ada air yang tersisa, setelah itu kamu dapat memasangnya kembali. Selain membersihkan AC sendiri, kamu juga bisa menggunakan jasa pembersih AC agar lebih prkatis.

Manfaat AC yang Bersih

manfaat AC bersih

AC yang bersih akan membuat usia penggunaannya juga lebih lama dan awet. Tentu karena kerja mesin tidak terganggu oleh debu yang menumpuk. Kerja AC menjadi lebih optimal ketika bersih. Rutin membersihkan AC juga dapat menjadi salah satu cara awal untuk mendeteksi kerusakan AC sebelum parah. Jika diketahui sejak awal, tentunya dapat mencegah kerusakan lebih parah.

Selain arsitektur bangunan dan luas lahan, harga rumah di Bali yang dijual secara full furnished juga tergantung dari fungsi berbagai macam perabotannya. Jika AC masih berfungsi maksimal, harga jual bisa tinggi. Sebaliknya, jika AC rusak dan mengganggu kualitas udara di dalam rumah, harga jualnya bisa turun. AC yang rutin dibersihkan akan membuat sirkulasi udara lebih lancar. Udara di dalam rumah juga menjadi lebih sehat.

Performa AC dapat terjaga jika kamu selalu rutin membersihkannya. Jika dibiarkan digunakan saja tanpa perawatan, AC akan kotor dan tentunya cepat rusak. Pastinya kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Nah, yuk mulai rajin membersihkan AC dari sekarang. Bagi yang ingin jual rumah di Semarang, jangan lupa cek kembali AC rumah sebelum rumah dijual.

Leave a Reply

Your email address will not be published.