Alignment Pompa

Alignment Pompa

Jika Anda sering berjumpa dengan mesin-mesin yang berputar maka Anda akan sering berjumpa dengan istilah Alignment karena setiap mesin yang berputar akan otomatis menghasilkan vibrasi dimana hal ini adalah salah satu penyebab terjadi nya Mis-alignment.  Hal ini lah yang bisa menyebabkan pompa noise, temperature naik, bearing rusak, coupling rusak hingga impeller pun juga bisa terkena akibatnya. Itulah kenapa kita harus menjaga alignment pompa dan motor agar bisa menghindari kerusakan besar pada pompa dan menghemat uang.

Apa itu Alignment?

Alignment adalah proses menyelaraskan garis tengah poros pompa dengan motor. Alignment berfungsi menjaga vibrasi, noise, menaikkan efisiensi, menurunkan konsumsi energi dan maintenance cost. Untuk menjaga alignment yang bagus, hal utama yang harus dilakukan adalah meminimalkan vibrasi dengan sistem pompa dan motor ditopang dengan fondasi yang kuat. Dalam kenyataannya, pengertian sentris atau lurus tentu tidak bisa tercapai seratus persen, sehingga dalam proses alignment biasanya ditentukan dengan toleransi minimal. Pada umumnya menggunakan toleransi minimal kurang dari 0,05 mm.

Metode Alignement

  1. Penggaris
  2. Dial Indicator
  3. Level precision
  4. Laser

Cara kerja alignment

Proses melakukan alignment pompa dengan motor terdiri dari 2 tahap, yaitu:

  1. Posisi vertical
  2. Posisi HorizontalAlignment Pompa

Pompa yang di-alignment pada dasarnya akan bersifat Fix atau tetap dimana sifatnya tidak akan digeser-geser dan menjadi referensi atau acuan. Sedangkan Electric motor akan bersifat “moveable” dimana akan di-adjust untuk menyesuaikan dengan posisi pompa. Untuk posisi vertical, motor harus diangkat dengan aman dan terkendali sehingga shim bisa ditempatkan di bawah kaki motor. Biasanya mengangkat motor besar untuk memasukkan shim  dengan jack hydraulic. Sedangkan motor kecil, biasanya cukup diungkit menggunakan linggis.

Sedangkan untuk posisi horizontal, electric motor akan digeser dengan menggunakan “adjuster bolt” yang ada di skid motor. Bisa juga menggunakan palu non-logam untuk menggeser-geser electric motor ini.

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi:

  1. https: //www.mechanical-knowledge. com/
  2. https: //www.michael-smith-engineers. co.uk/
  3. https: //www.soemarno. org/
  4. https ://hyprowira.com/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.