Tips Psikotes Menggambar Pohon

tips psikotes menggambar pohonHallo jobseeker Indonesia!!!pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips psikotes menggambar pohon. Sebenarnya tips menggambar pohon ini hampir mirip dengan tips psikotes menggambar manusia hanya saja ada beberapa hal perbedaan. Tes menggambar pohon ini biasanya dikenal sebagai Baum Test (sumber:wikipedia). Baum Test ini dulu dikembangkan oleh psikolog swiss Charles Koch pada tahun 1952 yang digunakan secara luas di seluruh dunia sebagai metode analisis kepribadian individu dan diagnosis history dari emosional seseorang.

Pada tes menggambar pohon ini menggunakan dua bentuk analisis untuk mengukur kepribadian seseorang. Yang pertama adalah Analisis struktur global yang berfungsi untuk menganalisis pohon secara keseluruhan, seperti ukuran pohon secara keseluruhan dan lokasi dari gambar pohon tersebut di atas kertas.

Yang kedua adalah analisis struktur internal yang berfungsi untuk menganalisis pohon secara detail atau rinci. Ada 59 detail oriented aspek gambar pohon yang digunakan untuk mengevaluasi kepribadian seseorang termasuk batang, cabang, mahkota, daun, buah,  simetri, fitur pola dasar dll.

Pada tes menggambar pohon ini, Bagus tidaknya gambar Anda bukanlah kriteria lolos tes karena Baum Test ini bukanlah tes kemampuan menggambar. Jadi yang bisa Anda persiapkan hanyalah berlatih menggambar semirip mungkin dengan pohon yang dimaksud dan menyelesaikan gambar tepat waktu.

Bagaimana cara menghadapi tes menggambar pohon ini?

  1. Pertama, gambar lah pohon yang berkambium (dikotyl) dan mempunyai cabang. Selain itu, gambarlah pohon yang memiliki daun dan buah. Jangan menggabar pohon monocotyl, seperti: pohon bambu, pisang, semak belukar, cemara, kelapa ataupun umbi-umbian.
  2. Kedua, Buat lah gambar pohon tersebut secara proporsional di bagian tengah kertas dan perhatikan ukuran gambar tersebut. Gambarlah gambar pohon dengan ukuran sedang dan tidak perlu berlebihan baik itu terlalu besar ataupun terlalu kecil.
  3. Gambarlah pohon dengan lengkap mulai dari dahan, batang, ranting, buah serta daun seperti pohon nangka, mangga, jambu atau lainnya. Anda juga tidak diperbolehkan untuk  menggambar pohon BERINGIN! karena sifat beringin sudah dianggap sangat ideal untuk seseorang.
  4. Gambarlah pohon yang dilengkapi dengan beberapa buah karena hal ini menunjukkan bahwa Anda selalu mentargetkan hasil yang bagus jika Anda menghandle sebuah pekerjaan. Tetapi juga jangan terlalu banyak buah karena menunjukkan bahwa Anda ingin cepat mendapatkan hasil tanpa usaha.
  5. Terakhir, Berlatih lah terlebih dahulu untuk menggambar pohon 2 minggu sebelum tes dilakukan karena hal ini bisa membantu Anda untuk tidak merasa gerogi dan bingung dengan apa yang akan Anda gambar. Biasanya waktu banyak terbuang dalam psikotes gambar pohon karena terlalu lama memikirkan objek apa yang akan Anda  buat.

Mungkin itu saja untuk tips menggambar pohon dalam psikotes, semoga ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan dan segera mendapatkan pekerjaan yang di cita-citakan. Berikut ini adalah contoh gambar pohon yang bisa Anda jadikan referensi.

tips psikotes menggambar pohon

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...