Tips Psikotes Menggambar Manusia

gambar manusiaHallo jobseeker Indonesia!!!pada kesempatan kali ini Saya ingin berbagi tips untuk menghadapi tes menggambar manusia. Tes mengambar manusia ini biasanya dikenal dengan nama Draw a Person (DAP) yang mempunyai definisi sebagai salah satu bentuk tes-tes psikologi yang sering kita jumpai di saat proses assessment psikologi. Sebelum kita masuk dalam pokok bahasan sebaiknya yang Anda perlu tahu terlebih dahulu bahwa tes menggambar manusia ini bukan lah untuk mengukur kemampuan menggambar Anda tetapi si penguji ingin melihat kepribadian Anda dari gambar yang Anda buat.
             

Tes DAP ini dulu dikembangkan oleh machover pada tahun 1949 yang bertujuan untuk mengukur kepribadian seseorang. Machover mengembangkan sejumlah hipotesis berdasarkan observasi klinis dan penilaian intuitif, misalnya: ukuran gambar berkaitan dengan tingkat esteem, penempatan gambar dalam kertas merefleksikan suasana hati dan orientasi sosial seseorang. Sebenarnya, tes menggambar manusia ini tidak selalu ada dalam serangkaian psikotes, semua itu tergantung perusahaan nya sendiri apakah  butuh atau tidak, karena pada tes menggambar manusia ini dapat mengukur bagaimana kepribadian dari peserta tes  tersebut, contohnya: jika goresan yang Anda buat itu tebal dan tidak putus-putus hal ini menunjukkan bahwa Anda tipikal orang yang tegas dan tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan dan lain sebagainya.

Bagaimana cara menghadapi tes menggambar manusia? 

  • Pertama, Anda harus tahu terlebih dahulu pekerjaan apa yang sedang Anda lamar. Contohnya: jika Anda melamar menjadi seorang engineer maka gambar lah seorang engineer yang sedang bekerja atau jika sedang melamar pekerjaan nya nanti di kantor maka sebaiknya Anda menggambar orang yang sedang berangkat kerja ke kantor.
  • Yang Kedua, Anda perlu berhati-hati sebelum menggambar. Jika tidak ada perintah untuk menggambar manusia dengan jenis kelamin tertentu maka gambar lah manusia dengan jenis kelamin yang sama seperti Anda. Gambarlah manusia tersebut serealistis mungkin, bukan gambar kartun ataupun karikatur Anda.
  • Usahakan gambar yang Anda buat tidak hanya berdiri, tetapi dengan aktivitas yang sedang dilakukan. Contohnya: orang yang sedang berjalan pergi ke kantor. Diamping itu gambarlah gambar tersebut dengan raut wajah yang ceria serta memiliki tubuh yang utuh, sehingga tidak ada satu bagian vital yang terlewatkan, seperti jari tangan.
  • Ketika Anda menggambar bagian wajah, jangan lupa untuk menyertakan alat indera secara lengkap, seperti hidung, mata, rambut, telinga, mulut, bibir dan sebagainya.
  • Buat lah gambar manusia tersebut secara proporsional di bagian tengah kertas dan perhatikan ukururan gambar tersebut. Gambarlah gambar manusia dengan ukuran sedang dan tidak perlu berlebihan baik itu terlalu besar ataupun terlalu kecil karena jika Anda menggambar manusia dengan ukuran yang besar maka Anda akan terlihat sebagai orang yang dominan, sedangkan jika terlalu kecil maka Anda dinilai sebagai orang yang rendah diri.
  • Deskripsikanlah gambar tersebut sedimikian mungkin itu Anda, tetapi khusus tentang umur cobalah tulis 2 tahun lebih tua dari umur Anda sekarang. Contohnya: jika Anda sekarang berumur 23 tahun tulis lah pada gambar tersebut menjadi 25 tahun. Selain umur, deskripsikanlah cita-cita Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut dalam jangka waktu lama. Contohnya: Anda sedang tes di pertamina maka tulislah cita-cita Anda ingin menjadi manager eksplorasi suatu saat nanti. Di samping itu, Anda harus berhati-hati jika Anda sedang mendeskripsikan tentang kelebihan dan kekurangan. Saya dulu mendeskripsikan kelebihan saya pada gambar tersebut dengan sifat-sifat seperti ini: Pekerja keras, Disiplin dan bertanggung jawab. Sedangkan untuk kelemahannya: Boros, pemalu dan ceroboh. Mungkin ini referensi dari saya saja karena dalam mendeskripsikian masalah kelemahan, kita harus memilih kelemahan yang terbaik diantara yang terburuk
  • Berlatih lah terlebih dahulu untuk menggambar manusia 2 minggu sebelum tes dilakukan karena hal ini bisa membantu Anda untuk tidak merasa gerogi dan bingung dengan apa yang akan Anda gambar. Biasanya waktu banyak terbuang dalam psikotes gambar manusia karena terlalu lama memikirkan objek apa yang akan Anda buat.

Mungkin itu saja  untuk tips menggambar manusia dalam psikotes, semoga ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan dan segera mendapatkan pekerjaan yang di cita-citakan. Di bawah ini ada contoh gambar manusia yang mungkin bisa Anda jadikan referensi:

tips psikotes menggambar manusia

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...