Tips Menghadapi Wawancara kerja

tips menghadapi wawancara kerjapada kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi kepada Anda tentang tips menghadapi wawancara kerja, semoga ketika tes wawancara kerja Anda tidak grogi lagi dan bisa memaksimalkan diri Anda saat wawancara. Tes wawancara kerja adalah bagian paling menantang dalam proses seleksi masuk di sebuah perusahaan karena pada saat inilah waktu yang paling optimal untuk Anda menjual diri Anda. Bagi Anda yang pintar ngomong, mungkin sesi ini adalah surga buat Anda untuk memoles kata-kata yang mengelabui pewawancara. Tetapi, untuk Anda yang terkategorikan sebagai seorang introvert maka sesi wawancara

ini akan sangat menyebalkan karena Anda tidak bisa memaksimalkan diri Anda dan sangat susah menjelaskan diri Anda kepada pewawancara mengenai kelebihan Anda karena rasa grogi yang menguasai Anda apalagi jika Anda mempunyai segudang prestasi ketika kuliyah akan sangat disayangkan jika Anda tidak bisa menjelaskan nya kepada si pewawancara.  saya akan share sedikit tentang tips pengalaman saya dulu ketika saya gugup atau grogi dalam menghadapi tes wawancara kerja dan apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi hal tersebut karena saya ini tergolongkan orang yang introvert, semoga sedikit tips dari saya ini sedikit berguna untuk Anda

Berikut ini adalah penyebab yang membuat Anda tidak bisa tampil maksimal ketika wawancara kerja!

1. KURANGNYA PERSIAPAN

Yang pertama adalah KURANGNYA PERSIAPAN, sebelum tes wawancara kerja sebaiknya Anda prediksi terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan apa saja yang kira-kira akan muncul, contoh nya pertanyaan tentang diri Anda, buat lah NARASI telebih dahulu sehari sebelum waktu tes dan lakukan monolog di depan kaca seolah-olah Anda sedang menceritakan hobby , prestasi Anda di depan pewawancara. Itu mungkin sedikit contoh tes wawancara psikolog. Untuk tes wawancara user, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu tentang perusahaan yang Anda lamar, contoh nya ketika Anda sedang melamar di pertamina, coba Anda cari tahu tentang sejarahnya, visi misi dan produk unggulan pertamina jika dibandingkan dengan perusahaan oil & gas yang lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan jawaban ketika Anda ditanya tentang posisi yang Anda lamar, contoh nya jika Anda melamar pada posisi driller engineer maka Anda cari tahu terlebih dahulu apa saja yang dilakukan oleh para driller engineer dan jual lah diri Anda bahwa Anda lah yang paling cocok untuk posisi ini.

2. KURANGNYA RASA PERCAYA DIRI

 tips menghadapi wawancara kerja

Yang kedua adalah KURANGNYA RASA PERCAYA DIRI, wajar jika Anda merasa kurang PD (Percaya Diri) ketika melihat ratusan peserta yang mendaftar. Tetapi satu hal yang harus Anda ingat, kalau bukan Anda yang percaya terhadap diri Anda sendiri maka siapa lagi yang percaya kepada diri Anda sendiri? Anda tidak boleh meremehkan kemampuan Anda! Cobalah untuk menghilangkan pikiran negatif-negatif yang ada di kepala Anda dan ubah lah dengan pikiran yang positif. Cobalah mengatakan pernyataan positif dengan keras di kepala Anda sebelum wawancara. Mungkin Anda akan merasa sedikit konyol pada awalnya, tetapi mengatakan pernyataan ini benar-benar akan meningkatkan rasa percaya dri Anda menjelang wawancara kerja : Akulah calon yang paling ideal untuk pekerjaan ini dan aku lah yang terbaik diantara peserta yang lain, saya adalah seseorang yang cerdas dan layak untuk mendapatkan pekerjaan yang besar, saya memiliki skill tinggi untuk pekerjaan ini, pertanyaan-pertanyaan pewawancara itu terlalu mudah untuk saya”. Sombongkan lah diri Anda sesaat sebelum wawancara.

3. DATANG TERLAMABAT

Yang ketiga adalah DATANG TERLAMBAT. Tes wawancara Anda akan hancur jika Anda datang terlambat, mungkin bagi pewawancara tidak terlalu mempermasalahkan jika Anda telat 5 menit atau 10 menit, tapi apa yang terjadi pada Anda? Anda pasti tidak akan konsentrasi, rasa bersalah akan terus timbul dipikiran Anda seperti : ”sungkan saya ama si pewawancara, belum kerja aja udah bawa masalah” mungkin itu adalah salah satu dari apa yang Anda pikirkan ketika Anda datang terlambat. Cobalah untuk tiba di tempat pelaksanaan satu jam sebelum tes wawancara dan jangan langsung menuju ke ruangan yang telah ditetapkan, tunggu lah di lobby hotel atau di depan tempat pelaksanaan tes satu jam sebelum nya hingga 10 menit sebelum tes barulah Anda menuju ke ruangan tes. Hal ini bisa mengurangi rasa gugup Anda karena jika satu jam sebelum tes  Anda melihat peserta lain selama proses wawancara, ekspresi mereka ketika keluar dari ruangan. Belum lagi jika Anda melihat ekspresi wajah si pewawancara jika tidak bersahabat maka itu akan membuat pikiran negatif Anda muncul.

4.KURANGNYA RELAKSASI

tips menghadapi wawancara kerja

Yang keempat adalah KURANGNYA RELAKSASI. Mencoba untuk bersantai adalah cara yang bagus untuk menangani saraf–saraf yang tegang. Cara yang baik untuk bersantai adalah tenang pada malam sebelumnya termasuk mandi , berolahraga dan mendapatkan tidur malam yang cukup baik. Di pagi hari pastikan Anda memiliki sarapan yang layak dan punya banyak waktu untuk bersiap-siap sehingga Anda tidak terburu-buru. Akhirnya, ketika tepat sebelum wawancara , tenangkan diri Anda dengan mengambil nafas dalam-dalam .

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...