Tips Menghadapi Tes TOEIC

tips menghadapi tes TOEICHallo jobseeker Indonesia !!! pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada Anda tentang tips menghadapi tes TOEIC. Mungkin kali ini saya tidak bisa membantu dengan banyak karena belajar bahasa inggris bukanlah bisa dilakukan hanya 2 sampai 3 minggu tetapi membutuhkan waktu yang sangat panjang dan saya juga ingin bilang kepada Anda bahwa score TOEIC saya tidak lah bagus. Saya disini ingin berbagi bagaimana memaksimalkan kemampuan Anda dalam menghadapi tes TOEIC dengan menggunakan waktu yang tersisa secara effisien.

nanti saya juga akan berbagi aplikasi TOEIC  mastery untuk Anda belajar di rumah sebelum menghadapi TES TOEIC tetapi INGAT!!! jangan gunakan aplikasi ini secara komersil, gunakan lah aplikasi ini sebaik mungkin sebagai alat pendukung Anda dalam meraih pekerjaan yang Anda inginkan. Aplikasi ini sangat berguna jika Anda tidak punya cukup waktu dan uang untuk mengikuti kursus-kursus bahasa inggris khusus nya TOEIC karena Anda bisa belajar dengan waktu se-fleksibel Anda. Sebelum lebih jauh , seperti biasa saya ingin Anda tahu terlebih dahulu apa itu TOEIC(Test of English for International Communication)?TOEIC adalah sebuah tes kecakapan bahasa inggris yang mengukur kemampuan bahasa inggris Anda dalam dunia kerja dan bisnis. TOEIC memang sering digunakan sebagai salah satu tes requirement di sebuah perusahaan. Contohnya: PERTAMINA. CONOCOPHILIPS, dan HOLCIM. Sebenarnya tes TOEIC ini mirip dengan tes TOEFL, hanya saja tes TOEFL ini biasanya digunakan untuk melanjutkan kuliyah baik itu S1, S2, dan seterusnya, tetapi masih ada beberapa perusahaan yang juga menggunakan persyaratan TOEFL sebagai persyaratannya. Contohnya: PLN dan PUSRI.

Bentuk Test

bentuk soal dari test TOEIC ini adalah pilihan gAnda yang menggunakan audio, gambar, dan tulisan (bacaan) dengan jumlah soal sebanyak 200 butir dan  TOEIC ini memiliki kisaran skor mulai dari 10 – 990.

Tes TOEIC ini akan dibagi menjadi 2 sesi yaitu: sesi  listening dan sesi reading dan Anda akan diberi waktu sebanyak 2 jam.

Sesi 1: Listening

Pada sesi ini Anda akan mendengarkan sejumlah pertanyaan dan percakapan singkat dalam bahasa inggris, dan Anda akan diminta menjawab berdasarkan informasi yang Anda dengar. Pada sesi listening ini Anda akan di beri waktu sebanyak 45 menit. Dibawah ini ada penjabaran singkat dari bagian sesi listening:

  • Bagian 1: Gambar (Photographs) terdiri dari 20 soal.
  • Bagian 2: Pertanyaan – respon (Question and Responses) terdiri dari 30 soal.
  • Bagian 3: Percakapan ringkas (Short Conversations) terdiri dari 30 soal.
  • Bagian 4: Dialog singkat (Short Talks) terdiri dari 20 soal.

Sesi 2: Reading

Peserta akan membaca berbagai material dan diminta menjawab pertanyaan berdasarkan  isi bacaan. Pada sesi reading ini Anda akan di beri waktu sebanyak 75 menit. Dibawah ini ada penjabaran singkat dari bagian sesi reading:

  • Bagian 5: Kalimat tidak sempurna (Incomplet Sentences) teridiri dari 40 soal.
  • Bagian 6: Mencari kesalahan kalimat (Error Recognitions) terdiri dari 20 soal.
  • Bagian 7: Membaca (Reading Comprehensions) terdiri dari 40 soal.

TIPS & SHARE PENGALAMAN

Sesi 1: Listening

Pada sesi listening dari bagian 1 dan 2 sebenarnya saya tidak punya tips khusus untuk Anda. Tetapi saya ingin berbagi pengalaman saya dulu. Untuk bagian pertama adalah bagian gambar, Anda bisa menebak-nebak terlebih dahulu apa yang dimaksud dari gambar tersebut, contohnya: “aktivitas apa itu, dimana kejadian sedang terjadi, siapa yang sedang melakukan aktivitas tersebut”. Tentunya metode tebak-tebakan gambar ini dilakukan ketika si pengawas sedang memberikan penjelasan tentang bagaimana peraturan dari tes TOEIC tersebut. Untuk tips secara umumnya pada bagian 1 dan 2  ini, jawablah langsung setiap nomor ketika Anda sudah mendengarkan pertanyaannya dan langsung hitamkan pada jawaban Anda, jika Anda tidak tahu maka pilihlah jawaban secara acak, segera lupakan pertanyaan tersebut dan langsung fokus pada pertanyaan selanjutnya karena tidak ada gunanya kembali pada bagian-bagian ini nanti.

Pada bagian 3 dan 4, bagian ini akan jadi lebih sulit jika kita bandingkan dengan bagian 1 dan 2, rekomendasi saya adalah: pertama, baca 3 pertanyaan dan semua jawaban yang tersedia sebelum record dimulai. Ini akan jauh lebih mudah jika Anda melakukan cara ini. Yang kedua adalah jangan menjawab langsung pada lembar jawaban Anda. Cukup tAndai terlebih dahulu yang benar menurut Anda ketika record sedang berjalan. Ketika record selesai maka hitamkan lah dengan cepat 3 jawaban pada lembar jawaban kemudian segeralah Anda pindah ke 3 pertanyaan berikutnya (baca terlebih dahulu 3 pertanyaan dan jawaban) ketika speaker membaca 3 pertanyaan untuk percakapan sebelumnya (record). Jika Anda tidak bisa menjawab beberapa pertanyaan maka tinggalkan pertanyaan tersebut dan akan jauh lebih berguna jika Anda membaca 3 pertanyaan berikutnya. Tetapi setelah Anda mendengarkan seluruh bagian selesai maka Anda dapat kembali pada pertanyaan-pertanyaan yang Anda tidak bisa jawab sebelumnya. Jika Anda tetap tidak bisa menjawab maka Anda bisa menebak jawaban dari pertanyaan tersebut dengan cara mengeliminasi jawaban-jawaban yang salah terlebih dahulu pada pertanyaan tersebut.

Sesi 2: Reading

Pada bagian reading ini, Pertama, Anda harus memperhatikan waktu yang Anda habiskan pada setiap bagian. Saya melihat beberapa tutorial di internet tentang managemen waktu  TOEIC pada bagian reading seperti ini:

  • Bagian 5 (40 soal) + Bagian 6 (20 soal) : 40 menit
  • Bagian 7 (40 soal) : 35 menit

Metode ini lumayan bekerja dengan baik bagi saya, Anda bisa mencobanya sendiri. Yang kedua adalah bacalah pertanyaan dan jawabannya dengan cepat sebelum Anda membaca teks dari nomor tersebut. Dan  yang ketiga adalah jangan tergoda  untuk tidak membaca seluruh teks dari nomor tersebut dengan tujuan untuk menghemat waktu, itu bukan lah ide yang baik. Anda harus membaca segala sesuatu yang ada di teks tersebut dan kemudian menjawab pertanyaan.

Demikian lah sedikit Tips dan pengalaman saya dalam menghadapi tes TOEIC seleksi masuk di sebuah perusahaan. Mungkin ini belum cukup membantu Anda untuk mendapatkan score TOEIC 900 karena saya saja masih mendapatkan score yang belum bagus. TETAPI setidaknya ini bisa membantu Anda dalam meraih cita-cita Anda untuk bekerja di perusahaan yang Anda inginkan seperti yang saya lakukan dulu. SEMOGA BERMANFAAT! 

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...