Teknologi TelePresence Hologram

TELEPRESENCE-HOLOGRAMDalam beberapa tahun ke depan, lompatan teknologi dalam komunikasi video akan mengubah cara kita berinteraksi, bekerja dan menjalani hidup kita. Software seperti skype telah memiliki 299 juta pengguna pada juni 2013 dan secara tidak langsung telah mengubah hubungan pribadi kita dengan keluarga ataupun teman-teman kita dalam hal berhubungan karena kita sekarang ini mampu berkomunikasi dari mana saja di dunia ini. Bahkan sekarang telekonferensi yang sebutan modernnya adalah telepresence mulai mengubah kehidupan profesional kita juga. TelePresence adalah sebuah system yang menyediakan video 1080p berdefinisi tinggi, spatial audio (efek audio 3-dimensi), dan penyetelan yang dirancang untuk menghubungkan dua ruangan yang terpisah secara fisik agar terasa seperti sebuah ruang pertemuan walaupun kedua ruangan tersebut mungkin berada di belahan dunia yang berbeda (sumber:wikipedia).

Beberapa tahun terakhir, kita telah melihat banyak sekali karyawan yang bekerja jauh dari rumah mereka. Menurut 2012 Ipsos/Reuters jajak pendapat , sekitar satu dari lima orang di dunia ini sering “telecommute” untuk bekerja , dan hampir 10 % bekerja jarak jauh dari rumah setiap hari. Sementara itu, pihak perusahaan juga memperluas pasar mereka di seluruh dunia. Secara otomatis, hal ini akan memakan biaya perjalanan karyawan dari kantor ke rumah. Maka dari itu membutuhkan teknologi komunikasi yang canggih untuk lebih hemat energi dan mengurangi biaya. Untuk menjawab permasalahan ini, baru baru ini perusahaan teknologi HUAWEI telah meluncurkan system TP3200 konferensi video yang dirancang khusus untuk pertemuan sebuah kelompok yang saling berjauhan dengan menggunakan perangkat pengolahan gambar khusus yang disebut co-optik kamera. Sistem ini adalah sistem telepresence pertama di dunia.

“Resolusi Kamera dengan HD (high-definition) dan konektivitas broadband yang hAndal telah meningkatkan system Telepresence menjadi lebih baik, ” kata Jack Dia Liang, direktur di perusahaan. “Lebih banyak orang, dan lebih banyak pengusaha , mulai melihat manfaat dari komunikasi video ini. “Tidak hanya itu, telepresence video ini juga dapat mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi dan menghemat sumber daya manusia sehingga memudahkan Anda untuk menyampaikan ide. Ketika Anda dapat berkomunikasi dengan mata dan wajah, kedua belah pihak akan merasa saling percaya satu sama lain”

Jadi tidak mengherankan lagi bahwa bisnis global diharapkan untuk menghabiskan $ 3,75 miliar (£ 2.3bn) pada teknologi telepresence video ini di tahun 2016. Sedangkan pada tahun 2020, sebuah studi yang ditugaskan oleh Global e-Sustainability Initiative menemukan bahwa perusahaan AS dan Inggris dapat menghemat hampir $ 19bn (£ 11.7bn) sebagai akibat dari penggelaran 10.000 unit telepresence pada tahun 2020.

Dengan tidak menggunakan transportasi penerbangan lagi untuk pergi ke suatu tempat yang sangat jauh, Global e-Sustainability Initiative juga menunjukkan bahwa teknologi dan alat-alat virtual lainnya telepresence dapat mengurangi emisi gas rumah kaca global tahunan sebesar 15% pada tahun 2020. Tapi itu hanya awal. Generasi berikutnya dari sistem telepresence video ini adalah membuat kemampuan 3D yang realistis yang bertujuan agar pertemuan jarak jauh tersebut terasa sangat nyata.

Generasi tersebut adalah telepresence hologram yang mana konsepnya adalah gambar bergerak secara tiga dimensi (3D). Perusahaan teknologi Musion yang berbasis di Inggris telah mengadaptasi ilusi yang biasa digunakan di bioskop dan taman hiburan yang biasa dikenal dengan istilah the Pepper’s ghost effect. Sebuah proyektor HD menerangi  lembaran tipis  seperti “foil” dari sudut 45 derajat, membuat gambar 3D hampir tidak bisa dibedakan dari orang yang sebenarnya. Sistem teleperance hologram Musion ini dapat mengirimkan orang berukuran penuh dan objek secara real time tanpa penundaan yang signifikan dalam komunikasi, kata perusahaan. Sistem ini mencapai Guinness World Record pada tahun 2012 dengan membantu politisi India Narendra Modi menyampaikan pidato kampanye-nya selama 55 menit ke khalayak di 53 lokasi yang berbeda secara bersamaan. Dan di dunia hiburan, musion adalah salah satu dari tiga perusahaan yang dikreditkan untuk membangkitkan rapper Tupac Shakur di atas panggung di festival Coachella 2012 .

Sedangkan perusahaan Polandia telah membangun ruang hologram dengan ukuran 3 m (10 ft) dan 2,5 m (8 ft) yang menggunakan proyektor laser untuk berkas gambar 3D.  Tidak hanya menyediakan layar multi-touch 3D raksasa, tetapi juga kemampuan untuk berjalan melalui gambar dan melihat mereka dari setiap sudut pAndang.

Telepresence hologram seperti ini memiliki potensi luar biasa dari dunia bisnis. Pada dunia kesehatan pun sedang dikembangkan telemedicine. Sistem ini dapat merawat pasien dari jarak jauh, baik di daerah terpencil ataupun di medan perang yang jauh. Selain itu, teknologi hologram juga sedang dikembangakan di dunia pendidikan, film, program televisi, iklan, game, pemetaan 3D, navigasi kedirgantaraan dan kontrol robot. Para peneliti di University of Tokyo juga bekerja pada menambahkan umpan balik haptic yang berupa getaran pada proyeksi hologram dengan menggunakan gelombang ultrasound sehingga seorang pengguna dapat menyentuh dan berinteraksi dengan hologram yang seolah-olah objek yang nyata.

Dalam sebuah survei IBM dari 3.000 peneliti, responden menyebutkan bahwa teknologi telepresence hologram adalah salah satu dari lima teknologi yang mereka harapkan pada tahun 2015. tetapi hambatan untuk menggunakan teknologi ini  adalah biaya yang tidak sedikit. Musion pada saat ini menyewakan sistem hologram tersebut sekitar $ 65.000 (£ 40.000) dan juga kecepatan data yang dibutuhkan adalah 10-20 megabyte per detik (Mbps). Namun berkat 4G dan jaringan LTE dan 5G segera hadir maka bandwidth tidak lagi masalah,” kata Huawei Enterprise Dia Liang.

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi: musion.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...