Teknologi Self Driving Car

teknologi self driving carAda segudang visi untuk masa depan dalam dunia otomotif dan teknologi  yaitu mobil bisa berjalan dengan sendirinya tanpa membutuhkan pengemudi atau biasa disebut dengan self driving car.


Di luar dari manfaatnya sebagai mobil futuristik yang bisa digunakan auto -pilot pada kehidupan sehari-hari, self driving car ini juga memiliki beberapa manfaat lainnya, seperti keamanan terhadap kecelakaan di jalan raya. Google pernah melakukan riset bahwa sejumlah besar kecelakaan disebabkan oleh kesalahan manusia itu sendiri sehingga sistem yang tidak pernah mengantuk, frustrasi atau terganggu oleh pesan teks mungkin akan membuat pengemudi  menjadi  lebih aman.

Selain itu, sistem ini juga lebih konsisten daripada manusia. Self Driving Car juga bisa menjadi lebih hemat bahan bakar karena mereka dapat mengontrol pedal gas dengan tepat. Berbeda dengan manusia yang sering mengontrol gas nya secara tidak teratur seperti yang kita kenal. Tentu saja, semua itu adalah asumsi bahwa sistem ini cukup bisa diAndalkan untuk penggunaan umum.

Google pernah melakukan riset self driving car mnggunakan sensor dengan system yang cukup sederhana hanya saja biaya yang dibutuhkan sangat tinggi, baik dalam infrastruktur (jaringan jalan) atau sistem self driving car yang tertanam di dalam kendaraan itu sendiri. Sedangkan Volvo melakukan riset self driving car dengan sistem magnet. berbeda dengan google, perusahaan otomotif ini mengembangkan teknologi self driving car dengan sistem yang lebih simple dan biaya yang lebih murah yang hanya membutuhkan magnet yang tertanam di jalan. untuk menguji ide menggunakan jalan raya magnetik tersebut, Volvo benar-benar membangun sebuah jalan uji coba sepanjang 100 meter di Hällered, Swedia dan mencoba jalan raya tersebut diuji dengan mobil S60 dengan kecepatan 90 mph. Sepanjang jalan tersebut telah ditanam secara berjajar dengan magnet neodymium (20mm x 10mm) dan magnet ferit (30mm x 5mm) di baris bawah tepi dan tengah jalan. Para insinyur Volvo telah menghitung kebutuhan magnet yang diperlukan setidaknya 400 sampel magnetik per detik untuk tetap berada pada jalan yang lurus dan sempit.

Berikut adalah video demo dari Teknologi Self Driving Car dari perusahaan Google:

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi: www.poketors.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...