Teknologi 4G

Gambar 1 - Teknologi 4G (www.techspot.com)

Gambar 1 – Teknologi 4G (www.techspot.com)

Mungkin Anda pernah tersesat dan kebingungan di antara sekian juta orang, apalagi itu malam hari dan Anda berada dalam keadaan yang memang membutuhkan panduan untuk menuju ke tempat tujuan Anda. Salah satu solusinya adalah ambil smartphone Anda dan bukalah aplikasi “map interaktif” untuk menyelesaikan masalah Anda tersebut. Tapi ada satu masalah, Jika koneksi internet smartphone Anda lambat maka smartphone Anda sama saja tidak ada gunanya. Untuk Anda yang memang benar-benar pengguna smartphone, yang Anda butuhkan sebenarnya adalah koneksi internet berkecepatan tinggi (mobile broadband), yaitu: 4G

Pada tahun 2009, untuk pertama kalinya penggunaan jalur jaringan pada mobile broadband melebihi penggunaan jalur untuk panggilan suara. Semakin banyak orang yang membeli smartphone dengan kebutuhan data digital yang besar, maka dibutuhkan juga teknologi jaringan untuk dapat mengatasi hal tersebut.

Apakah sebenarnya jaringan 4G itu? Dan kenapa begitu banyak iklan tentang 4G? Apa yang membuatnya berbeda dengan jaringan 2G yang mana cenderung untuk panggilan suara? Dan bagaimana Anda tahu bahwa jaringan 4G merupakan bagian dari 3G? Pada artikel ini, kami akan mencoba memberikan penjelasan singkat tentang bagaimana pembagian kecepatan 4G yang mampu mendukung koneksi mobile intenet menuju era baru.

Evolusi Tak Berujung pada teknologi jaringan wireless (nirkabel)

Gambar 2 - Evolusi Teknologi Wireless (www.dailywireless.org)

Gambar 2 – Evolusi Teknologi Wireless (www.dailywireless.org)

Jaringan nirkabel adalah campuran dari berbagai teknologi, tetapi tetap menggunakan sistem radio. Setiap lompatan pada kinerja sering kali disebut sebagai generasi baru. Generasi pertama jaringan 1G, pada tahun 1980, berbentuk analog dan mereka membuatnya hanya untuk panggilan suara. Di awal 1990-an, digital 2G (generasi kedua) dilakukan peningkatan dengan memungkinkan layanan data, seperti mengirim pesan singkat (sms) dan email.

Jaringan 3G mulai berkembang di awal tahun 2000, mulai dikembangkan juga konsep “mobile internet. Dengan koneksi yang cukup cepat, Anda bisa berselancar (surfing) di website dan streaming audio meskipun terkadang kecepatannya melambat. 3G sendiri membutuhkan lebih banyak perbaikan. Sudah waktunya untuk menyediakan layanan mobile broadband yang lebih cepat, yaitu: “4G”

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...