Prototype Mobil Terbang Buatan Terrafugia TF-X

prototype mobil terbang buatan Terrafugia TF-XPernah kah Anda mendengar mobil terbang? Mungkin selama ini kita cuma tahu hanya pesawat terbang atau helicopter yang bisa terbang, tetapi sekarang sedang ada pengembangan mobil prototype yang bisa terbang. Perusahaan Terrafugia yang berasal dari Negara Amerika ini sedang mengembangkan mobil yang bisa terbang selayaknya pesawat terbang sejak tahun 2006.

Dengan innovasi ini, Terrafugia pernah memenangkan awards dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada Business Plan Competition. Ide untuk menggabungkan fungsi mobil dengan pesawat terbang ini sebenarnya bukan lah sesuatu yang baru pada era ini. Sejak tahun 1917, Curtiss Autoplane telah memulai debutnya di New York,AS.

Mobil Prototype Terrafugia ini termasuk elegan baik ketika dalam bentuk mobil maupun saat bertransformasi menjadi pesawat terbang dimana sayapnya mengembang keluar sebagaimana pesawat terbang pada umumnya.

Dengan mobil ini, kita bisa pergi ke suatu tempat dengan cepat, tetapi keterbatasan infrastruktur di dunia terutama di negara-negara berkembang membuat mobil ini sulit diaplikasikan dalam waktu dekat. Padahal mobil terbang ini sebenarnya tidak membutuhkan sebuah bAndara untuk lepas landas dan hanya membutuhkan sebuah lAndasan seluas dua kali lapangan sepak bola dengan kecepatan laju kendaraaan 130 Km/jam. Jarak terbang yang dicapai diklaim mencapai 700 kilo meter.

Selain itu, mobil terbang ini sepertinya tidak cocok untuk digunakan di daerah perkotaan yang ramai meskipun ini akan menyenangkan jika bisa diaplikasikan di kota Jakarta karena Anda akan lepas dari kemacetan. Mobil terbang ini lebih cocok digunakan di daerah remote area yang jauh dari pemukiman masyarakat, contohnya mobil ini bisa digunakan untuk fasilitas perusahaan yang berada di daerah offshore, onshore ataupun daerah terpencil. Berikut video demo dari prototype mobil terbang buatan Terrafugia TF-X:

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi: www.terrafugia.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...