Prinsip Kerja Vacuum Cleaner

Tahu kah anda teknologi vacuum cleanerApakah Anda pernah membersihkan karpet di rumah Anda menggunakan mesin vacuum cleaner? tentunya jika Anda seseorang yang mencintai dunia engineering maka Anda akan bertanya-tanya, kenapa debu itu bisa terhisap? bagaimana mekanisme dari mesin vacuum tersebut? Sebelum kita membahas lebih jauh tentang prinsip kerja dari mesin vacuum cleaner ini, alangkah baik nya kita terlebih dahulu mengetahui definisi dari vacuum itu sendiri.

kata “vacuum” berasal dari bahasa latin yang berarti “ruangan yang hampa udara”(sumber:wikipedia). Hampa udara tersebut berarti bahwa tekanan yang berada pada ruangan tersebut adalah lebih rendah daripada tekanan atmosfir. Semua orang tahu lah ya jika sesuatu benda akan mengalir dari tekanan tinggi menuju ke tekanan rendah. Sistem vacuum ini sebenar nya sering terjadi pada aktivitas kita sehari-hari, hanya saja kita kurang menyadari akan hal itu, contoh: bila Anda sedang minum air di dalam sebuah botol dengan menggunakan sedotan maka Anda sedang memanfaatkan prinsip sederhana dari sebuah mekanisme vacuum ini. Dengan sedotan yang sedang terhubung dengan mulut kita dan mulut kita juga terhubung dengan sistem pencernaan hingga ke perut kita yang hampa udara(vacuum) maka hal ini akan menyebabkan tekanan air yang berada di dalam botol tersebut lebih besar daripada tekanan yang ada di dalam perut kita sehingga air tersebut akan mengalir ke dalam perut kita, tetapi tentu nya juga kita masih membutuhkan tarikan awal(initial force) agar air di dalam botol tersebut mengalir ke dalam perut kita. Ini adalah mekanisme dasar yang sama pada mesin vacuum cleaner, meskipun pada kenyataaan nya sedikit lebih rumit. Pada artikel ini, kita akan melihat prinsip kerja vacuum cleaner. Mesin vacuum ini terkadang terlihat seperti mesin yang cukup rumit, tetapi vacuum cleaner konvensional sebenarnya hanya terdiri dari enam komponen penting, yaitu:

    1. Intake port
    2. Exhaust port 
    3. Motor listrik
    4. Kipas (fan)
    5. Kantong debu (tas berpori)
    6. Housing atau casing yang mewadahi semua komponen di atas.

Tahu kah anda teknologi vacuum cleanerSecara garis besar prinsip kerja dari teknologi vacuum cleaner ini adalah:

  • Ketika vacuum cleaner tersambung dengan aliran listrik maka arus listrik akan mengoperasikan motor listrik  sehingga kipas yang berada satu poros dengan motor listrik juga akan ikut berputar .
  • Kipas yang berputar ini akan memaksa udara dan partikel debu terhisap ke exhaust port melalui intake port karena baling-baling pada kipas ini di desain untuk menghisap, hal ini cukup berbeda dengan baling baling pada kipas angin yang biasa Anda gunakan untuk mendinginkan Anda yang di desain untuk menghembuskan udara.
  •  Ketika udara dan partikel debu tersebut terhisap maka kepadatan partikel akan meningkat di depan kipas dan menurun di belakang kipas karena tekanan udara.

Penurunan tekanan pada bagian belakang kipas pada exhaust port akan menyebabkan perbedaan tekanan antara tekanan udara luar dengan exhaust port sehingga udara dan debu tersebut terhisap karena tekanan pada vacuum cleaner lebih rendah daripada tekanan udara luar. Dan sekarang pertanyaan nya adalah bagaimana caranya untuk menangkap debu-debu tersebut? Aliran Udara dan debu-debu yang terhisap melalui intake port ke exhaust port akan melewati kantong debu (dust bag) terlebih dahulu. Kantong debu ini terbuat dari bahan berpori anyaman (biasanya kain atau kertas) yang bertindak sebagai filter udara . Lubang-lubang kecil di kantong tersebut cukup besar untuk membiarkan partikel udara lewat, tetapi terlalu kecil untuk sebagian besar partikel debu agar tertangkap pada kantong debu.Tahu kah anda teknologi vacuum cleaner1

Sejarah Vacuum cleaner

Pembersih vacuum listrik pertama muncul di awal 1900-an. Salah satu jenis yang sangat populer dari desain vacuum cleaner pada saat itu adalah jenis vacuum sentral. Sistem vacuum sentral ternyata dapat membuat seluruh rumah Anda menjadi lebih bersih. Sistem ini bekerja dengan sebuah kipas bermotor yang berada di ruang bawah tanah atau di luar rumah Anda dengan menciptakan daya hisap melalui serangkaian pipa yang saling berhubungan di dalam dinding-dinding rumah Anda.

Inovasi vacuum cleaner

Sampai saat ini, tidak terlalu peduli seberapa kuat hisapan vacuum cleaner. Para peneliti telah mengembangkan system vacuum cleaner otomatis yang biasa disebut robotic vacuum. Gadget kecil membersihkan debu-debu sacara otomatis, berkat kombinasi dari motor, sensor dan sistem navigasi. Di masa depan, akan ada lebih banyak perbaikan dan innovasi pada desain vacuum cleaner dengan mekanisme penghisapan yang lebih canggih dan hemat energi. Tapi ide dasar dalam menggunakan aliran udara yang bergerak untuk mengambil kotoran dan debu-debu tersebut akan bertahan untuk sementara waktu.

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi: home.howstuffworks.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...