Prinsip Kerja Solar Cell

2 jenis solar panel pada saat ini berdasarkan penggunaannya:

Popularitas solar cell terus tumbuh setiap tahunnya. Adapun jenis-jenis solar panel yang populer digunakan saat ini adalah:

  • Photovoltaic(PV) solar panels

Jenis yang paling umum dari panel surya PV ini terbuat dari solar cell kristal silikon. Listrik yang dihasilkan berjalan melalui inverter yang mengubah sinar menjadi listrik. Photovoltaic(PV) solar panels adalah jenis yang cukup hAndal dengan produksi energi jangka panjang dan biasanya digunakan untuk benda-benda yang tidak bergerak seperti di genteng rumah. Tetapi sayangnya Photovoltaic(PV) solar panels  ini hanya memiliki efisiensi maksimal 18 % sampai 19 % pada saat ini, selain itu juga membutuhkan sedikit perawatan.

  • Thin film solar panels

Thin film solar panels tidak terlalu berbeda dengan Photovoltaic(PV) solar panels hanya saja thin film solar panel biasanya lebih tipis dan lebih fleksibel. Umumnya, lapisan semikonduktor pada panel ini hanya beberapa sepersejuta meter. Thin film solar panels ini memang kurang efisien daripada panel surya konvensional karena bagaimana mereka diciptakan dan unsur-unsur yang digunakan dan hanya memiliki efisiensi 6% hingga 11%. Biasanya solar panels ini digunakan untuk bangunan komersial yang memiliki arsitektur khusus yang melengkung. selain itu juga  mulai dikembangkan pada mobil .

 Penggunaan teknologi solar cell pada saat ini:

  • Solar Powered Plane

teknologi solar cell

Pesawat jet ini hanya menggunakan energi dari solar cell yang terdiri dari 12.000 panel surya. Pesawat ini bisa terbang pada siang hari dan malam hari. Pada saat ini sedang dilakukan tes penerbangan dengan perjalanan keliling dunia untuk memecahkan rekor dunia.

  • Stadion Taiwan’s dragon-shaped

teknologi solar cell

Stadion Taiwan’s dragon-shaped adalah contoh sempurna dari penggunaan tenaga surya. Stadion ini memiliki 50.000 kursi dan energi yang digunakan 100% listrik dari teknologi photovoltaic melalui 8.844 panel surya yang menerangi trek dan lapangan dengan 3.300 lux. Stadion ini dirancang oleh Toyo Ito.

  • Sapu Angin Surya ITS

teknologi solar cell

Sapu angin surya ITS adalah salah satu prototype kendaraan yang menggunakan energi dari tenaga surya. Mobil ini digunakan pada perlombaan world solar car di Australia. Mobil ini dirancang oleh mahasiswa ITS Indonesia.

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi: science.howstuffworks.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...