Prinsip Kerja Reciprocating Compressor

pengetahuan dasar tentang reciprocating compressorReciprocating compressor merupakan tipe compressor “positive displacement” yang paling banyak digunakan di berbagai industry. Tidak cuma itu, alat ini juga sering menjadi bagian yang paling penting dan pantas mendapatkan perhatian khusus di beberapa industry, seperti: industry petrokimia dan pengolahan gas.

Reciprocating compressor bekerja dengan prinsip yang sama dengan pompa sepeda yaitu dengan memanfaatkan tekanan piston terhadap sejumlah gas atau udara yang terjebak dalam suatu silinder sehingga fluida kerja tersebut menjadi mampat dan tekanannya meningkat. Untuk proses pemampatan nya bisa dilihat siklus di bawah ini:

pengetahuan dasar tentang reciprocating compressor

Dalam Posisi 1 ke 2, piston bergerak menjauh dari kepala silinder dan valve suction terbuka, sehingga tekanan silinder dengan tekanan hisap adalah sama dan gas memasuki silinder. Pada posisi 2 ke 3, kedua valve tertutup pada kondisi awal di titik 2 dan piston akan melakukan kompresi menuju titik 3 (posisi sesaat sebelum titik Top Cylinder) sehingga tekanan dari udara atau gas meningkat. Pada posisi 3 ke 4, ketika berada di posisi 3 maka valve discharge akan membuka hingga piston mencapai titik 4 (titik Top Cylinder).

Komponen Reciprocating Compressor

pengetahuan dasar tentang reciprocating compressor

  1. Cylinder Support
  2. Connectiing Rod
  3. Distance Piece
  4. Pulsation
  5. Frame
  6. Crosshead
  7. Piston Rod
  8. Packing
  9. Valves
  10. Water Jackets

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi :

  1.  www.oilngasprocess.com,
  2. www.machinerylubrication.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...