Prinsip Kerja PSV (Pressure Safety Valve)

Gambar 1 - Bagian-bagian PSV (www.flowstarvalveshop.com)

Gambar 1 – Bagian-bagian PSV (www.flowstarvalveshop.com)

Apa itu PSV? PSV (Pressure Safety Valve) adalah sebuah valve yang akan bekerja ketika terjadi overpressure. PSV ini biasanya banyak digunakan pada aplikasi pengolahan gas dimana ketika pressure vessel terjadi overpressure maka valve ini akan aktif dan mengalirkan gas tersebut ke flare.

Tujuan utama dari PSV ini adalah sebagai protection system pada sebuah system yang bertekanan. Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya overpressure sehingga PSV ini bekerja, yaitu:

  1. Blocked Discharge
  2. Exposure ro external fire, often referred to as “Fire Case”
  3. Thermal Expansion
  4. Chemical Reaction
  5. Heat Exchanger Tube Rupture
  6. Cooling System Failure

Peristiwa-peristiwa di atas diambil dari API StAndard 521/ISO 23251 Sect. 4

Prinsip Kerja PSV

Gambar 2 - Prinsip Kerja PSV (www.mycheme.com)

Gambar 2 – Prinsip Kerja PSV (www.mycheme.com)

PSV pada dasarnya memiliki 5 bagian utama, yaitu: Adjusting Screw, Spring, Spindle, Disc dan Nozzle. Prinsip kerja PSV sebenarnya cukup sederhana dimana Spring di-setting untuk menahan disc yang duduk pada seating surface. Tekanan yang datang dari system bertekanan akan ditahan oleh Disc. Sedangkan Disc mempunyai kemampuan untuk menahan pressure dari system bertekanan tergantung dari setting-an sping dan kekuatan spring ini diatur oleh adjuster screw.

Jika tekanan yang dating dari system melebihi kemampuan spring maka disc akan membuka dan membuang tekanan berlebih tersebut. Jika tekanan berlebih tersebut sudah terbuang maka disc akan menutup kembali. Berikut video dari prinsip kerja PSV (Pressure Safety Valve):

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi :

  1. www.leser.com,
  2. www.proinspector.info

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...