Prinsip Kerja Nanoteknologi

cara kerja nanoteknologiPada era sekarang ini, laju teknologi berjalan dengan sangat cepat sekali mulai dari dunia kesehatan, engineering, peralatan militer, industri, elektronik hingga ke dunia informasi. Semua ini semakin canggih karena didukung dengan sebuah sistem yang bernama NANOTEKNOLOGI.

Apakah Anda pernah mendengar istilah nanoteknologi?

Istilah nanoteknologi akhir-akhir ini sering sekali terdengar khususnya dikalangan peneliti di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Australia, Kanada dan negara-negara Eropa, serta beberapa negara Asia, seperti Singapura, Cina, dan Korea tengah giat-giatnya mengembangkan suatu cabang baru teknologi yang canggih ini. Nanoteknologi adalah teknologi pada skala nanometer atau sepersemilyar meter lebih kecil dari panjang gelombang cahaya tampak dan seratus-seperseribu lebar rambut manusia (sumber:Berkeley Lab). Sangat kecil sekali bukan? tetapi sebenarnya ukuran nanoteknologi ini masih lebih besar jika kita bandingkan dengan skala atom. Sebuah atom memiliki diameter lebih kecil sekitar 0,1 nm apalagi jika dibandingkan dengan inti atom maka akan jauh lebih kecil lagi sekitar 0,00001 nm. Atom adalah suatu satuan dasar materi. Segala sesuatu di sekitar Anda dan termasuk Anda tersusun dari atom. Karakteristik dari semua benda itu sangat bergantung pada susunan atom-atomnya. Oleh sebab itu, sedikit saja susunan struktur atomnya diubah maka karakteristik suatu benda akan berubah drastis. Inilah konsep utama dalam nanoteknologi. Walaupun nanoteknologi ini sangat kecil, tetapi nanoteknologi ini memiliki manfaat yang sangat besar. Salah satu contoh di bidang kesehatan, yaitu: robot-robot mungil yang bisa berkeliaran di dalam tubuh kita untuk membunuh virus-virus yang menyebabkan penyakit dan membersihkan saluran darah yang tersumbat. Selain itu, kita juga bisa membuat pesawat ruang angkasa dari bahan komposit yang sangat ringan tetapi memiliki kekuatan seperti baja.

Pada artikel ini , kita akan mencari tahu tentang sejarah dari nanoteknologi. Apa artinya nanoteknologi  untuk saat ini dan apa fungsi nanoteknologi ini untuk masa depan. Selain itu, kita juga akan melihat potensi risiko yang akan ditimbulkan oleh nanoteknologi.

Sejarah Nanoteknologi

Penggunaan pertama kali konsep nanoteknologi  ini oleh fisikawan Richard Feynman pada pertemuan American Physical Society di Caltech pada tanggal 29 Desember 1959 (sumber: Wikipedia). Feynman menjelaskan sebuah proses dimana kemampuan untuk memanipulasi atom dan molekul individu yang mungkin bisa dikembangkan lebih jauh menggunakan suatu alat yang presisi untuk membangun dan mengoperasikan suatu alat proporsional lain nya yang lebih kecil, begitu seterusnya hingga ke skala yang dibutuhkan. Dalam perjalanan ini , masalah akan timbul dari skala besarnya adalah perubahan berbagai fenomena fisik yaitu gravitasi akan menjadi kurang penting, tegangan permukaan dan Van der Waals attraction akan menjadi lebih penting.

Pada tahun 1974, Profesor Norio Taniguchi dari Tokyo University of Science dalam konferensi nya menggambarkan proses semikonduktor seperti deposisi film tipis dan penggilingan sinar ion menunjukkan kontrol karakteristik pada urutan nanometer dan mendefinisikan bagian utama dari nanoteknologi ini terdiri dari pengolahan, pemisahan, konsolidasi, dan deformasi material oleh satu atom.

Pada 1980-an, ide dasar dari nanoteknologi ini dieksplorasi secara lebih mendalam oleh Dr K. Eric Drexler  yang mempromosikan pentingnya teknologi skala nano. Nanoteknologi dan nanosains bisa mulai pada awal tahun 1980 dengan dua perkembangan utama yaitu kelahiran ilmu cluster dan penemuan Scanning Tunneling Microscope ( STM ). Lalu perkembangan ini menyebabkan terjadinya penemuan fullerene pada tahun 1986 dan carbon nanotubes beberapa tahun kemudian. Dalam perkembangan lain, sintesis dan sifat nanocrystals dari semikonduktor mulai dipelajari. Hal ini menyebabkan semakin cepat nanopartikel oksida logam titik kuantum. enam tahun setelah STM diciptakan lalu The atomic force microscope mulai ditemukan. Dan pada tahun 2000, the United States National Nanotechnology mulai didirikan untuk mengkoordinasikan penelitian tentang nanoteknologi.

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...