Prinsip Kerja Motor Listrik

prinsip kerja motor listrikMotor listrik di mana-mana! Di rumah Anda, hampir setiap gerakan mekanis yang Anda lihat di sekitar Anda disebabkan oleh motor listrik AC (alternating current) atau DC (arus searah). Sebuah motor listrik sederhana memiliki enam bagian:

    1. Armature or rotor
    2. Commutator
    3. Brushes
    4. Axle
    5. Field magnet(magnet permanen)
    6. DC power supply of some sort

Dengan memahami bagaimana prinsip kerja motor listrik maka Anda akan belajar banyak tentang magnet, elektromagnet dan listrik pada umumnya. Pada artikel ini, kita akan belajar apa yang membuat motor listrik itu bekerja.

Motor listrik adalah hal tentang magnet dan magnet. Sebuah motor menggunakan magnet untuk menciptakan geraknya. Jika Anda pernah bermain dengan magnet maka Anda tahu tentang hukum fundamental dari semua magnet, yaitu: tarik menarik dan tolak menolak. Jadi jika Anda memiliki dua batang magnet  maka ujung utara dari satu magnet akan menarik ujung selatan yang lain. Di sisi lain, ujung utara magnet akan menolak satu ujung utara yang lain dan begitu juga sebaliknya ujung selatan akan menolak selatan lainnya. Hal ini lah yang menyebabkan gerak rotasi di dalam motor listrik.

prinsip kerja motor listrik

Pada gambar di atas, Anda dapat melihat dua unit magnet di motor. yang pertama adalah Rotor yang bertindak sebagai elektromagnet. Sedangkan yang lainnya adalah field magnet (magnet yang diam di sisi samping) yang berfungsi sebagai magnet permanen.

Berikut adalah motor listrik sederhana yang mungkin biasa Anda temukan di sebuah mainan.

prinsip kerja motor listrikPada gambar di samping, Anda dapat melihat bahwa ini adalah sebuah motor listrik kecil. Pada sisi luar, Anda dapat melihat kaleng baja yang membentuk tubuh motor listrik, poros dan dua kabel yang dihubungkan ke baterai. Jika Anda menghubungkan kabel baterai tersebut dari motor listrik hingga baterai maka “poros (shaft)” akan berputar. Jika Anda membalik kedua kabel tersebut satu sama lain maka poros akan berputar ke arah yang berlawanan.

Electromagnet

Untuk memahami bagaimana sebuah motor listrik bekerja, kuncinya adalah memahami bagaimana elektromagnet bekerja. Elektromagnet adalah dasar dari sebuah motor listrik. Jika Anda menciptakan sebuah elektromagnet sederhana dengan membungkus 100 loop kawat di sekitar paku dan menghubungkannya ke baterai. Paku tersebut akan menjadi magnet yang memiliki kutub utara dan kutub selatan ketika terhubung dengan baterai.

prinsip kerja motor listrik

Pada gambar di atas, ujung utara elektromagnet yang dihasilkan baterai pada paku akan ditolak oleh ujung utara magnet U (tapal kuda) dan tertarik ke ujung selatan magnet U. Ujung selatan elektromagnet akan ditolak dengan cara yang sama. Paku akan bergerak setengah putaran dan kemudian berhenti dalam posisi yang ditunjukkan. Secara keseluruhan pergerakan dari komponen-komponen motor listrik di-ilustrasikan seperti gambar berikut ini:

cara kerja motor listrik

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share

Referensi : electronics.howstuffworks.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...