Prinsip Kerja Komunikasi Serial RS232

prinsip kerja komunikasi serial RS232Di dalam dunia industri, PLC merupakan salah satu peralatan yang sangat penting karena digunakan untuk meng-otomatisasi suatu mesin atau sistem sehingga laju produksi suatu sistem akan meningkat. PLC selalu terkait dengan data karena mempunyai microprocessor yang berfungsi memproses data secara digital dan juga PLC jarang bekerja bekerja sendiri, umumnya di dalam suatu sistem akan terdiri dari beberapa PLC yang saling terhubung satu dengan yang lain nya serta ada juga yang terhubung dengan Komputer. Untuk meng-handle dari semua PLC ini maka dibutuhkan lah sebuah sistem komunikasi antar PLC ataupun PC agar bisa bekerja sama dengan baik. Sistem komunikasi tersebut terdapat dua jenis, yaitu: serial dan parallel. Tetapi yang biasa digunakan PLC di dunia industri adalah komunikasi serial dan alat yang biasa digunakan adalah RS232.

Apa itu RS232?

RS232 adalah suatu stAndar komunikasi serial transmisi data antar dua peralatan elektronik. RS232 dibuat pada tahun 1962 oleh Electronic Industry Association and Telecomunication Industry Association dan ada dua hal pokok yang diatur oleh RS232, yaitu: bentuk signal dan level tegangan yang dipakai. Selain digunakan pada peralatan PLC, sebenarnya sistem RS232 ini sering berhubungan dengan kita pada kehidupan sehari-hari, antara lain: Komunikasi PC komputer dengan mouse, keybord atau scanner. Satu hal yang jelas adalah RS323 ini akan diaplikasikan pada semua sistem peralatan yang berbasis computer atau mikrokontroler.

prinsip kerja komunikasi serial RS232

Komunikasi data secara serial dilakukan dengan metode pengiriman data secara bit per bit atau satu per satu secara berurutan dan itu berbeda dengan sistem paralel yang mengirim data secara serentak. kecepatan transfer data RS232 cukup rendah,kecepatan maksimal hanya 19200 bits/sekon. Pengiriman data bisa dilakukan secara satu arah atau dua arah. Jika Anda hanya membutuhkan komunikasi satu arah maka Anda cukup menggunakan dua kabel yaitu kabel “TX” sebagai pengirim data dan kabel “Rx” sebagai penerima data. Sedangkan, untuk membuat sistem komunikasi dua arah maka kabel yang Anda butuhkan adalah 3 unit kabel, yaitu: kabel Tx, Rx dan GND (ground).

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi:

  1. www.best-mikrokontroler projects.com,
  2. www.mikroe.com,
  3. www.vedcmalang.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...