Prinsip Kerja Internet

Gambar 1 - Cara Kerja Internet (www.computer.howstuffworks.com)

Gambar 1 – Cara Kerja Internet (www.computer.howstuffworks.com)

Walaupun internet masih merupakan teknologi muda namun sangatlah sulit membayangkan hidup tanpa internet sekarang ini. Setiap tahun, para insinyur menciptakan peralatan-peralatan untuk diintegrasikan dengan internet. Jaringan dari jaringan internet  merambah keseluruh bumi dan bahkan meluas hingga luar angkasa. Tapi apa sebenarnya yang membuat internet tersebut bekerja?

Untuk mengerti internet, akan sangat membantu untuk melihat dua komponen utamanya. Komponen pertama adalah perangkat keras (hardware) yaitu yang termasuk segala sesuatu mulai dari kable-kabel yang membawa informasi berukuran Giga bits setiap detiknya ke komputer yang berada di depan Anda.

Jenis perangkat keras lainnya yang mendukung internet termasuk routers, servers, menara telepon selular, satelit, radio, telepon pintar (smartphone) dan peralatan lainnya. Semua peralatan ini menciptakan jaringan dari jaringan ke jaringan lainnya.

Internet adalah sistem lunak yang sedikit berubah ketika elemen-elemennya bergabung dan meninggalkan jaringan di seluruh dunia. Beberapa elemen-elemen tersebut bisa tetap cukup statis dan menciptakan tulang punggung dari sistem internet.

Jaringan –jaringan ini adalah koneksi. Beberapa dari mereka adalah titik akhir yang dipanggil sebagai klien titik akhir. Sedangkan mesin yang menyimpan informasi yang dapat kita akses di internet disebut sebagai server. Elemen lainnya adalah nodus dimana server sebagai titik koneksi sepanjang rute traffic. Kemudian ada pula jalur transmisi yang bisa berbentuk fisik dimana dalam kasus ini berupa kabel-kabel dan fiber optik, atau mereka bisa berbentuk sinyal tanpa kabel dari satelit, telepon selular, radio atau menara 4G.

Semua perangkat keras ini tidak akan bisa menciptakan jaringan tanpa komponen sekunder di internet yaitu protokol. Protokol adalah serangkaian aturan yang diikuti oleh mesin pencari untuk dapat menyelesaikan tugas mereka. Tanpa serangkaian protokol yang biasa harus diikuti oleh semua mesin pencari yang terhubung ke internet maka komunikasi antara perangkat tidak akan terjadi. Bermacam-macam mesin pencari tidak akan saling mengerti satu sama lain. Protokol menyediakan metode dan bahasa umum yang digunakan mesin pencari  untuk mengirimkan data.

Persoalan Protokol

Gambar 2 - Permasalahan Protokol (www.computer.howstuffworks.com)

Gambar 2 – Permasalahan Protokol (www.computer.howstuffworks.com)

Anda mungkin pernah mendengar beberapa protokol di internet, Contohnya: Hypertext Transfer Protocol yang biasa digunakan untuk melihat sebuah browser yang merupakan singkatan dari http di depan alamat website.  Jika Anda pernah menggunakan server FTP, Anda berarti mengAndalkan protokol transfer file. Protokol seperti ini dan puluhan lainnya menciptakan kerangka kerja dimana semua perangkat harus beroperasi untuk menjadi bagian dari Internet.

Dua protokol yang paling penting adalah Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet protocol (IP). Apa yang dilakukan protokol ini? Pada tingkat yang paling dasar, protokol ini menetapkan aturan cara penyampaian informasi melalui internet. Tanpa aturan ini, Anda harus melakukan koneksi langsung ke komputer lain untuk mengakses informasi yang mereka pegang dan juga Anda akan membutuhkan komputer Anda serta komputer target untuk memahami bahasa yang umum.

Anda mungkin pernah mendengar dari alamat IP. Alamat ini mengikuti protokol Internet. Setiap perangkat yang terhubung ke Internet memiliki alamat IP. Inilah caran kerja mesin pencari seperti google, Bing, yahoo dll dapat menemukan yang lainnya melalui suatu jaringan yang besar.

Versi IP yang sering kita gunakan saat ini adalah IPv4 dimana berdasarkan pada sistem alamat 32-bit. Ada satu masalah besar dengan sistem ini, yaitu kehabisan alamat. Itu sebabnya Internet Engineering Task Force (IETF) pada tahun 1991 memutuskan bahwa perlu untuk mengembangkan sebuah versi baru dari IP untuk membuat alamat yang cukup untuk memenuhi permintaan. Hasilnya adalah IPv6 dengan sistem alamat 128-bit. Ada cukup banyak space alamat untuk mengakomodasi meningkatnya permintaan untuk akses Internet di masa mendatang (sumber: Opus One).

Bila Anda ingin mengirim pesan atau mengambil informasi dari komputer lain, protokol TCP/IP adalah yang memungkinkan transmisi terjadi. Permintaan Anda keluar melalui jaringan, menemui Domain Name Server (DNS) di sepanjang jalan untuk menemukan server target. DNS menunjukkan permintaan dengan arah yang benar. Setelah server target menerima permintaan, server target tersebut dapat mengirimkan respon kembali ke komputer Anda. Data mungkin menempuh jalan yang sama sekali berbeda untuk dapat kembali kepada Anda. Pendekatan fleksibel untuk transfer data ini adalah bagian dari apa yang membuat Internet menjadi sebuah alat yang canggih.

Paket

Gambar 3 - Satelit Infrastructur Internet (computer.howstuffworks.com)

Gambar 3 – Satelit Infrastructur Internet (computer.howstuffworks.com)

Untuk mengakses artikel ini, komputer Anda harus terhubung dengan server Web yang berisi file artikel ini. Kami akan menggunakannya sebagai contoh langsung bagaimana data perjalanan di Internet.

Pertama, Anda membuka browser Web Anda dan terhubung ke situs Website kami. Ketika Anda melakukan ini, komputer Anda akan mengirimkan permintaan elektronik melalui koneksi Internet Anda ke Internet Service Provider (ISP) lalu ISP Route akan meminta untuk terkoneksi di jarungan Internet. Dan akhirnya, permintaan akan sampai di Domain Name Server (DNS).

Server ini akan mencari nama domain Anda yang cocok seperti yang Anda ketik (seperti www.insinyoer.com). Jika menemukan kecocokan, maka permintaan Anda akan diarahkan ke alamat IP server yang tepat tersebut. Jika tidak menemukan kecocokan maka server akan mengirim permintaan lebih lanjut ke server yang memiliki informasi lebih.

Permintaan akhirnya akan datang ke server Web kami. Server kami akan merespon dengan mengirimkan file yang diminta dalam serangkaian paket. Paket adalah bagian dari file yang berkisar antara 1.000 dan 1.500 byte. Paket memiliki header dan footer yang memberitahu komputer apa yang ada di paket dan bagaimana informasi cocok dengan paket lainnya untuk membuat seluruh file. Setiap paket berjalan kembali ke jaringan dan pergi ke komputer Anda. Tidak semua paket selalu mengambil jalan yang sama – mereka umumnya akan menempuh jalur yang paling sedikit perlawanannya.

Hal tersebut merupakan fitur yang penting karena paket tersebut dapat melakukan perjalanan ke beberapa jalur untuk mencapai tujuan mereka. Bahkan, selama beberapa koneksi tetap, seluruh bagian dari Internet bisa turun dan informasi masih bisa bepergian dari satu bagian ke bagian lain, meskipun mungkin memakan waktu lebih lama dari biasanya.

Ketika paket sampai ke Anda, perangkat Anda mengatur mereka sesuai dengan aturan protokol. Ini sama seperti menyusun puzzle. Hasil akhirnya adalah bahwa Anda melihat artikel ini.

Hal ini berlaku untuk jenis file lainnya juga. Ketika Anda mengirim e-mail, maka akan dipecah menjadi paket-paket sebelum masuk di Internet. Panggilan telepon melalui internet juga mengonversi percakapan ke dalam paket menggunakan voice over protokol internet (VoIP). Kita bisa terima pelopor jaringan seperti Vinton Cerf dan Robert Kahn untuk protokol ini dimana karya awal mereka membantu membangun sistem yang baik terukur dan kuat.

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi: computer.howstuffworks.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...