Prinsip Kerja Artificial Lift

prinsip kerja artificial liftJika Anda dulu pernah bekerja di perusahaan oil & gas ataupun kontraktor oil & gas, pastilah Anda tidak akan asing dengan artificial lift yang merupakan salah satu bentuk mekanisme pengangkatan buatan untuk memproduksikan oil & gas dari sumur-sumur minyak bumi ke atas permukaan tanah. Artificial lift ini digunakan karena tekanan alami yang terdapat di dalam sumur-sumur oil & gas tersebut tidak cukup kuat untuk memompa ke atas permukaan tanah. Tetapi di Amerika serikat, ada beberapa sumur oil & gas yang tidak membutuhkan artificial lift. Berdasarkan metode artificial lift ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

Beam Pumping (Pompa Angguk)

Jenis yang paling umum dari artificial lift ini adalah beam pumping yang mana equipment ini terdiri dari sucker rod string dan sucker rod pum. Pada sumur-sumur onshore, beam pumping ini juga biasa disebut dengan jack pump atau pompa angguk yang merupakan metoda artificial lift tradisional dan biasanya digunakan pada sumur dangkal kurang dari 200 meter. Penjelasan mengenai komponen alat ini adalah sebagai berikut:

prinsip kerja artificial lift

Berdasarkan gambar diatas, maka cara kerja dari beam pumping ini adalah prime mover (biasanya motor listrik) yang bertindak sebagai sumber penggerak akan menghasilkan gerak rotasi lalu gerakan ini diubah menjadi gerakan naik turun oleh pumping unit, yaitu pitman dan assembly crank. Kemudian gerakan naik turun ini akan digunakan oleh horse head untuk menggerakkan plunger yang berada di dalam sumur. Pada saat Up Stroke, plunger akan bergerak ke atas dan di bawah plunger terjadi penurunan tekanan sehingga tekanan dasar sumur akan lebih besar dari tekanan di dalam pompa maka mengakibatkan standing valve tertutup karena tekanan minyak dalam barrel pompa lebih besar dari tekanan dasar sumur. Sedangkan, pada bagian atasnya yaitu travelling valve akan terbuka oleh minyak karena turunnya plunger. Selanjutnya minyak akan masuk ke dalam tubing dan naik ke atas permukanaan. Proses ini dilakukan secara berulang-ulang.

Hydroulic Pump

prinsip kerja artificial liftYang dimaksud dengan Hydraulic pumping adalah usaha pengangkatan fluida menggunakan bantuan fluida lain yang disebut sebagai power fluid. Prinsip dari power fluid ini adalah dengan bantuan fluida tersebut dapat menggerakkan piston A dan dan piston A akan menggerakkan piston B. Sedangkan bila power fluid tersebut dipakai untuk mempercepat production fluid dengan sistem nozzle, maka  hal tersebut disebut sebagai  jet pumping. Hydroulic Pump biasanya digunakan pada sumur minyak yang mengandung natural gas. Di sinilah kelebihan dari hydroulic pump jika dibandingkan dengan pompa angguk ataupun ESP, Ia bisa meredam natural gas tersebut dengan hidrolik. prinsip ini seperti shock breaker motor Anda dalam meredam jalan yang tidak rata.

Cara kerja dari hydraulic pump ini terdiri dari 2 bagian utama, yaitu : mesin dan pump yang keduanya menggunakan piston dimana satu di atas yang lain yang dihubungkan oleh batang yang bergerak naik turun di dalam pompa. Untuk lebih jelas nya bias dilihat pada video dibawah ini:

Electric Submersible Pump (ESP)

Pompa ESP merupakan sebuah pompa centrifugal yang  terdiri dari beberapa stages. Satu stages terdiri dari satu impeller yang bergerak (Rotor) dan satu diffuser yang stationary (Stator). Tipe dan stages dari pompa ini akan menentukan banyaknya fluida yang dapat diproduksi serta menentukan total Head Capacity (Daya dorong).

prinsip kerja artificial lift

Prinsip kerja dari pompa ESP ini adalah fluida diarahkan ke dasar impeller yang digerakkan oleh motor listrik dengan arah tegak. Fluida ini mengalir melelui inlet pompa dan masuk ke dalam titik pusat impeller. Selanjutnya impeller akan menggerakkan fluida tersebut secara gerak melingkar, Fluida akan didorong dari titik pusat menuju bagian terluar dari bibir impeller. Semakin cepat impeller berputar, maka akan semakin cepat fluida cair  bergerak. Energi kinetis ini diubah menjadi energi potensial berupa tekanan karena lemparan keluar dari impeller tersebut sehingga fluida mempunyai energi untuk mengalir ke permukaan.

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi : www.rigzone.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...