Komponen Aplikasi Android

Gambar 1 - Komponen Aplikasi Android (www.androidtechies.com)

Gambar 1 – Komponen Aplikasi Android (www.androidtechies.com)

Komponen aplikasi android adalah suatu bagian yang sangat penting dari suatu aplikasi Android karena dengan komponen-komponen inilah suatu aplikasi android dapat berjalan dengan baik. Komponen-komponen ini dikendalikan oleh AndroidManifest.xml yang mendeskripsikan setiap komponen dan bagaimana mereka berinteraksi.


Berikut ini adalah 4 komponen utama yang dapat digunakan dalam sebuah aplikasi Android:

KomponenDeskripsi
ActivitiesSuatu komponen yang mengendalikan User Interface dan menangani interaksi pengguna ke layar smart phone.
ServicesSuatu komponen yang menangani proses di background yang terhubung dengan aplikasi.
Broadcast ReceiversSuatu komponen yang menangani komunikasi antara Sistem Operasi Android dengan aplikasi.
Content ProvidersSuatu komponen yang menangani data dan masalah manajemen basis data.

Activities

Sebuah activity merepresentasikan sebuah layar dengan User Interface. Dalam artian, activity-lah yang melakukan aksi pada layar, Contohnya: pada facebook, halaman log in adalah sebuah activity lalu news feed setelah Anda log in merupakan activity yang berbeda.

Gambar 2 - Activity (www.androidtechies.com)

Gambar 2 – Activity (www.androidtechies.com)

Jika sebuah aplikasi memiliki lebih dari 1 activity, maka salah satu dari activity tersebut harus ditAndai sebagai activity yang ditampilkan secara default ketika aplikasi dijalankan.

Sebuah activity dapat diimplementasikan sebagai sebuah subclass dari suatu Activity class dengan cara berikut:

Intent

Intent adalah sebuah pesan yang dapat mengizinkan sebuah aplikasi melakukan sesuatu sesuai intent tersebut. Contohnya: pada facebook Anda, activity yang sedang berjalan adalah News feed dan Anda ingin melihat sebuah gambar yang diposting teman Anda dalam full frame. Melakukan klik pada gambar tersebut akan mengaktifkan View Photo Intent sehingga gambar foto dalam full frame tersebut akan ditampilkan.

Gambar 3- Intent (www.androidtechies.com)

Gambar 3- Intent (www.androidtechies.com)

Services

Service adalah komponen yang berjalan di background untuk melakukan operasi yang berjalan panjang, Contohnya: sebuah service dapat memainkan music di background sementara pengguna dalam aplikasi yang berbeda atau service dapat mengambil data dalam jaringan tanpa menghalangi interaksi user dengan sebuah activity.

Sebuah service dapat diimplementasikan sebagai sebuah subclass dari Service class dengan cara berikut:

Broadcast Receivers

Broadcast Receivers merespon terhadap pesan broadcast dari aplikasi lain atau dari system, Contohnya: aplikasi juga dapat melakukan broadcast agar aplikasi lain tahu bahwa beberapa aplikasi yang telah di-download ke dalam perangkat dan dapat mereka gunakan. Di sinilah fungsi Broadcast Receivers yang berfungsi mengambil alih komunikasi seperti ini dan menginisiasi aksi yang tepat.

Sebuah Broadcast Receivers dapat diimplementasikan sebagai sebuah subclass dari BroadcastReceiver class dan setiap pesan dikirimkan sebagai Objek Intent dengan cara berikut:

Content Providers

Komponen content provider menyuplai data dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya pada saat diminta datanya. Request ini ditangani oleh metode dari kelas Content Resolver. Data nya mungkin dapat disimpan di file system, di database atau di suatu tempat secara keseluruhan.

Sebuah content provider dapat diimplementasikan sebagai sebuah subclass dari ContentProvider class dan harus mengimplementasikan sekumpulan API stAndar yang memungkinkan aplikasi lain untuk melakukan transaksi dengan cara berikut:

Kita akan mempelajari bahan-bahan ini lebih detail lagi dalam sub-bab selanjutnya. Dalam sub-bab komponen aplikasi android ini khusus untuk mempelajari komponen aplikasi android secara garis besar.

Komponen Tambahan

Ada beberapa komponen tambahan yang akan digunakan dalam pembuatan 4 komponen utama di atas, komponen-komponen itu adalah:

KomponenDeskripsi
FragmentsMerepresentasikan sebuah porsi dari User Interface dalam sebuah Activity.
ViewsElemen User Interface yang digambar pada layar seperti tombol, list, formulir, dan lain lain.
LayoutsHierarki dari view yang mengontrol format layar dan tampilan dari view.
IntentsObjek pesan yang dapat digunakan untuk meminta aksi dari komponen aplikasi lain.
ResourcesElemen eksternal, seperti: string, konstanta dan gambar.
ManifestFile Konfigurasi untuk aplikasi.

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi:

  1. www.androidtechies.com,
  2. www.tutorialspoint.com,
  3. www.linkedin.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...