Klasifikasi Boiler

packagedBoiler merupakan peralatan yang berfungsi untuk memanaskan fluida dari keadaan cair hingga menjadi campuran maupun uap lanjut dengan menggunakan metode External Combustion (Pembakaran Luar). Boiler yang sering digunakan adalah steam boiler (ketel uap) yang sering digunakan dalam pambangkit, namun boiler sendiri dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kategori. Berikut ini akan dijelaskan lebih detail terkait klasifikasi boiler.

Fire Tube Boiler

Fire Tube Boiler merupakan jenis boiler yang cukup tua, dimana gas panas hasil pembakaran dilewatkan pada tube, sementara air berada dalam sisi shell, sehingga terjadi perpindahan panas yang mengakibatkan air berubah menjadi uap. Fire tube boiler merupakan boiler yang biaya penggunaannya relatif murah, mudah dioperasikan dan memiliki efisiensi pembakaran yang bagus. Namun terbatas hanya untuk kapasitas yang rendah sekitar 2,5 tons/jam, dengan tekanan 17,5 kg/cm2 . Bahan yang digunakan dapat berupa gas, minyak bakar atau bahan bakar padat.

Gambar1- Fire Tube Boiler

Gambar 1- Fire Tube Boiler

Water Tube Boiler

Water Tube Boiler mempunyai proses, Berbanding terbalik dengan fire tube boiler, dimana air yang dialirkan di dalam tube, sedangkan proses pembakaran berada di luar tube (shell). Boiler ini dapat berupa tipe tunggal atau ganda. Pada boiler ini tekanan yang terjadi pada uap relatif tinggi sehingga sering dimanfaatkan dalam pembangkit. Kapasitas uap dapat mencapai 4.500 – 12.000 kg/jam. Untuk pembakaran menggunakan bahan bakar minyak bakar atau gas, water tube boiler disediakan dalam bentuk paket. Namun untuk penggunaan boiler dengan bahan bakar padat, secara umum belum tersedia dalam bentuk paket. Pada boiler jenis ini memungkinkan untuk efisiensi panas yang lebih tinggi namun kurang toleran terhadap kualitas feeedwater hasil dari plant pengolahan air.

Gambar 2-Water Tube Boiler

Gambar 2-Water Tube Boiler

Packaged Boiler

Sesuai dengan namanya boiler ini sudah disediakan dari industri pembuatan boiler dalam bentuk paket. Dan untuk pengoperasian boiler cukup menambahkan pipa uap, pipa air, laluan bahan bakar dan instalasi listrik. Secara umum boiler ini berupa shell and tube dan prinsip kerja sesuai dengan fire tube boiler yang dapat memindahkan panas yang bagus baik radiasi maupun konveksi. Adapun beberapa karakteristik dari packaged boiler adalah sebagai berikut:

  • Sistem forced atau induced draft menghasilkan pembakaran dengan efisiensi yang baik
  • Perpindahan panas secara konveksi relatif baik akibat dari banyaknya tube berdiameter kecil pada boiler ini
  • Ruang pembakaran yang kecil dan tingginya temperatur pembakaran sehingga evaporasi relatif lebih cepat
  • Perpindahan panas secara keseluruhan yang baik akibat terdapat sejumlah lintasan /pass.
  • Efisiensi termal yang relative lebih tinggi daripada boiler lainnya
Gambar 3- Packaged Boiler

Gambar 3- Packaged Boiler

Pada boiler ini, masih diklasifikasikan lagi berdasarkan jumlah lintasan/pass yaitu berapa kali gas pembakaran melintasi boiler. Secara umum, boiler jenis ini yang sering digunakan adalah unit tiga pass dengan dua set fire tube dan gas buang keluar melalui sisi belakang boiler.

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...