Kenapa Gas Dibakar di Flare Stack?

kenapa gas dibakar di flare stackJika Anda pernah jalan-jalan ke suatu tempat dan melewati daerah duri/riau, cilacap, cepu atau tempat dimana ada perusahaan pengolahan oil & gas Anda akan melihat suatu menara yang selalu ber-api di ujung dari menara tersebut dan menara ini lah yang dinamakan flare stack.

Flare stack adalah menara atau cerobong terakhir dari suatu proses pengolahan minyak pada sektor upstream dimana semua gas yang telah dipisahkan dari minyak akan dialirkan ke flare stack tersebut untuk dibakar. Dan sekarang mungkin timbul lah pertanyaaan dari Anda, kenapa gas ini harus dibakar? Padahal gas ini merupakan salah satu energi yang bisa dimanfaatkan, jawabannya adalah tergantung dari jumlah gas yang dihasilkan dari pemisahan minyak tersebut. Biasanya gas yang terproduksi pada pengolahan minyak (light oil) sektor upstream ini seringkali tidak ekonomis untuk diolah dan digunakan, artinya jika Anda adalah seorang pengusaha di bidang oil & gas maka Anda akan rugi jika Anda memanfaatkan gas tersebut karena jumlah uang yang harus diinvestasikan untuk melakukan pengolahan gas ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan energi yang dihasilkan.

kenapa gas dibakar di flare stack

Disisi lain kenapa gas ini harus dibakar adalah karena faktor lingkungan. Gas yang dihasilkan dari pemisahan minyak ini sebagian besar adalah gas methane. Gas methane ini merupakan gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap pemasan global seperti hal nya karbondioksida. tetapi perbedaan nya dengan karbondioksida adalah gas methane ini 21 kali lebih merusak daripada karbondioksida. Disamping itu, gas yang terproduksi tersebut biasanya juga banyak mengandung CO2 dan H2S yang dapat membahayakan kesahatan dan kehidupan manusia. Jika udara lembab maka gas akan lebih berat dari udara dan ini akan membuat gas turun mencapai tanah dan meningkatkan kemungkinan untuk terjadi kebakaran yang merugikan.

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi:

  1. www.l7-i.com,
  2. www.aereon.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...