Handphone Karya Anak Indonesia

handphone karya anak IndonesiaSeorang anak Indonesia yang benama Pamungkas Sumasta berhasi menciptakan sebuah handphone dan juga berhasil memenangkan grand prize winner di AVR Hero Design Contest pada tanggal 26 Februari 2014. Pamungkas sumasta memberikan nama pada handphone tersebut dengan nama Phoenard.

Phoenard adalah sebuah inersia handphone yang berbasis AVR-Arduino yang dikendalikan menggunakan Inersia seperti memutar handphone tersebut atau membalikkan nya. Phoenard dilengkapi fitur seperti Handphone biasa lainnya, yaitu : GSM, GPRS, modul GPS, decoding chip audio untuk MIDI controller dan MP3 player, modul Bluetooth, SRAM eksternal, hingga memory 8 GB Mikro SD dan juga dilengkapi dengan sensor suhu, tekanan, magnetometer, accelerometer dan gyro.

Sekilas Phoneard ini memang terlihat seperti handphone yang biasa-biasa saja jika kita melihat bentuk fisik dari handphone tersebut. Tetapi jika kita melihat lebih jauh, maka banyak sekali kelebihan-kelebihan yang disediakan handphone ini selain dapat digunakan untuk komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

  • kemampuan untuk memantau detak jantung
  • bisa digunakan sebagai pedometer
  • mampu mengontrol robot
  • bisa mendeteksi ketinggian
  • mampu mengendalikan lampu lewat Bluetooth

Berikut adalah video demo dari Phoenard:

Berikut adalah video pamungkas sumasta ketika memenangkan grand prize winner di AVR Hero Design Contest:

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi: blog.atmel.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...