Cara Kerja Smartphone (Ponsel Pintar)

Gambar 1 -Smartphone

Gambar 1 -Smartphone

Tidak seperti ponsel tradisional, smartphone, dengan memori mereka yang besar, memungkinkan pengguna individu seperti Anda dan saya untuk menginstal, mengkonfigurasi dan menjalankan aplikasi yang kita pilih. Sebuah smartphone (Ponsel Pintar) menawarkan kemampuan untuk mengkonfigurasi perangkat dengan cara tertentu dalam Anda melakukan suatu aktivitas. Perangkat lunak di ponsel flip gaya lama hanya menawarkan pilihan terbatas untuk konfigurasi ulang, memaksa Anda untuk beradaptasi dengan cara mereka diatur. Pada telepon standar, apakah Anda suka aplikasi kalender built-in atau tidak, Anda terjebak dengan itu kecuali untuk beberapa tweak kecil. Tapi jika ponsel tersebut adalah smartphone, Anda bisa menginstal aplikasi kalender kompatibel apapun yang Anda suka.

Berikut adalah daftar dari beberapa kemampuan tambahan yang dimiliki smartphone, berdasarkan intuitif hingga yang mungkin kurang intuitif:

  • Mengelola informasi pribadi Anda termasuk catatan, kalender dan to-do list
  • Berkomunikasi dengan laptop atau komputer desktop
  • Data Sync dengan aplikasi seperti program kalender iCal Microsoft Outlook dan Apple
  • Aplikasi host seperti program pengolah kata atau video game
  • Memindahkan tAnda terima
  • Pengganti dompet Anda. Sebuah smartphone dapat menyimpan informasi kartu kredit dan diskon atau Info kartu keanggotaan
  • Membayar tagihan dengan men-download aplikasi seperti PayPal dan CardStar
  • Memungkinkan Anda untuk membuat jaringan WiFi dengan beberapa perangkat. Itu berarti Anda dapat mengakses Internet dari iPad atau laptop tanpa router atau perangkat sampingan lain.

Pada intinya, smartphone, dan semua ponsel adalah radio mini yang mengirim dan menerima sinyal radio. Jaringan telepon seluler dibagi kedalam daerah khusus yang disebut sel. Setiap sel memiliki antena yang menerima sinyal telepon seluler. Antena mengirimkan sinyal sama seperti stasiun radio, dan telepon Anda mengambil sinyal tersebut seperti yang dilakukan radio.

Smartphone menggunakan teknologi jaringan telepon seluler untuk mengirim dan menerima data, seperti: panggilan telepon, web browsing, transfer file dll. Developer mengembangkan teknologi ini dari generasi ke generasi. Masih ingatkah Anda pada generasi pertama? Yaitu ponsel analog. Pada tahun 2014, ponsel berada di dunia dari generasi keempat, atau 4G. Meskipun sebagian besar operator memperluas teknologi 4G mereka, beberapa perusahaan, seperti Samsung, sedang mengembangkan teknologi 5G yang memungkinkan Anda dapat men-download sebuah film dalam waktu kurang dari satu detik

Hardware dan Software Smartphone

Gambar 2 - Hardware dan Software Smartphone

Gambar 2 – Hardware dan Software Smartphone

Beberapa smartphone berjalan dengan menggunakan processor. Seiring dengan kemajuan teknologi processor, smartphone juga memiliki chip komputer yang menyediakan fungsionalitas canggih. Ponsel dengan kamera memiliki sensor gambar dengan resolusi tinggi, seperti kamera digital. Chip lain mendukung fungsi yang kompleks seperti browsing internet, berbagi file multimedia atau memainkan musik tanpa menghabiskan power yang terlalu besar pada baterai. Beberapa produsen sedang mengembangkan chip yang mengintegrasikan beberapa fungsi untuk membantu mengurangi biaya keseluruhan.

Anda dapat mem-visualisasikan software untuk smartphone sebagai software stack. Stack terdiri dari lapisan berikut:

  • kernel
  • middleware
  • application execution environment (AEE)
  • user interface framework
  • serangkaian aplikasi

Sistem Operasi Smartphone

Gambar 3 - Sistem Operasi Smartphone (www.roughlydrafted.com)

Gambar 3 – Sistem Operasi Smartphone (www.roughlydrafted.com)

Perangkat lunak yang paling penting dalam smartphone adalah sistem operasinya (OS). Sebuah sistem operasi mengelola suluruh hardware dan software dari smartphone tersebut. Ada beberapa platform yang mampu mencakup seluruh rentang software stack, tetapi ada juga Platform lainnya yang hanya dapat mencakup tingkat yang lebih rendah (biasanya kernel dan lapisan middleware) dan bergantung pada platform software tambahan untuk menyediakan user interface framework.

Beberapa sistem operasi smartphone:

  • Android
  • iOS
  • Windows Phone 8 (WP8)
  • Ubuntu 13.10 Touch

Flexible Interfaces

Semua layanan inti pada smartphone terikat pada ide “Perangkat Serbaguna” yang dapat secara efektif melakukan multitasking. Seorang pengguna dapat menonton video, melakukan panggilan telepon, kemudian kembali ke video setelah panggilan, semua dilakukan tanpa menutup setiap aplikasi. Atau ia bisa membolak-balik kalender digital dan aplikasi to-do list tanpa mengganggu panggilan suara. Semua data yang disimpan di telepon dapat disinkronisasi dengan aplikasi luar atau dimanipulasi oleh aplikasi telepon dalam berbagai cara. Berikut adalah beberapa sistem yang didukung smartphone (Ponsel Pintar).

  • Bluetooth

Layanan radio jarak pendek ini memungkinkan ponsel untuk secara nirkabel (tanpa kabel) dapat terhubung dengan perangkat lain, seperti: printer, scanner, perangkat input, komputer dan headset.

  • Sinkronisasi Data

Sebuah ponsel yang melacak informasi pribadi Anda, seperti : to-do list, alamat, dan nomor telepon, harus mampu berkomunikasi dengan semua perangkat lain yang Anda gunakan untuk melacak hal-hal tersebut. Jika Anda ingin menyimpan semua data ini untuk disinkronkan dengan apa yang ada di ponsel Anda, maka Anda biasanya harus mencari ponsel yang berbicara bahasa semua perangkat dan aplikasi yang Anda gunakan. Atau Anda bisa pergi keluar dan membeli aplikasi baru yang berbicara bahasa ponsel Anda.

  • Java

Sebuah smartphone yang kompatibel dengan bahasa pemrograman Java memungkinkan pengguna untuk memuat dan menjalankan aplikasi Java dan MIDlets. MIDlets adalah aplikasi yang menggunakan subset dari Java dan diprogram secara khusus untuk berjalan pada perangkat nirkabel. Java MIDlet termasuk add-ons, game, aplikasi dan utilitas.

Masa Depan Smartphone

Gambar 4 - Future Smarthphone (scinotions.com)

Gambar 4 – Future Smarthphone (scinotions.com)

Dengan kecepatan transmisi data mencapai kecepatan ekstrim dan penggabungan teknologi WiFi, langit adalah batas kreatifitas dari smartphone. Mungkin hal yang paling menarik tentang teknologi smartphone bahwa lapangan kreatifitas masih terbuka lebar. Ini merupakan sebuah ide yang mungkin belum menemukan implementasi dunia nyata secara sempurna. Setiap kumpulan ponsel  selalu membawa desain baru dan ide-ide interfaces yang baru. Tidak ada satu pengembang atau produsen yang muncul dengan bentuk, ukuran atau metode input yang sempurna. “Killer app” smartphone berikutnya bisa terlihat seperti sebuah ponsel flip, tablet PC, permen atau sesuatu yang belum dipikrikan oleh siapapun sebelumnya.

Mungkin pertimbangan paling menantang di masa mendatang adalah keamanan. Smartphone mungkin rentan terhadap pelanggaran keamanan seperti serangan Evil Twin. Dalam salah satu serangan ini, hacker menetapkan layanan pengenal server dari hotspot yang resmi atau jaringan sekaligus memblokir traffic ke server yang sebenarnya. Bila pengguna terhubung dengan server hacker, maka informasi dapat diambil dan keamanan terganggu.

Di sisi lain, beberapa kritikus berpendapat bahwa produsen perangkat lunak anti-virus sangat membesar-besarkan risiko, bahaya dan ruang lingkup virus ponsel untuk membantu menjual perangkat lunak mereka.

Keragaman yang luar biasa di hardware, software dan jaringan protokol smartphone menghambat ukuran keamanan secara luas dan praktis. Sebagian besar pertimbangan keamanan baik fokus pada sistem operasi tertentu atau lebih berkaitan dengan perilaku pengguna daripada keamanan jaringan.

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi: electronics.howstuffworks.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...