Cara Kerja Smart Panel Listrik

Pada era digital ini semua aktivitas dituntut serba cepat yang menyebabkan kebutuhan energi sangat tinggi, tetapi pemakaian energi yang belum ter-control dengan optimal. Kita ambil saja contoh kecil pada penggunaan energi sehari hari di rumah kita pada penggunaan televisi (TV), lampu dan air conditioner (AC). Dengan kesibukan sehari-hari, kita sering lupa untuk mematikan peralatan tersebut ketika kita berpergian yang menyebabkan banyak nya energi yang terbuang percuma. Energi yang terbuang ini sama saja dengan uang yang terbuang secara percuma. Memang jika kita hanya lupa mematikan peralatan listrik itu selama 2 jam tidak akan terasa, tetapi jika kita ambil jangka waktu satu tahun itu akan menjadi besar. Itu hanya contoh kecil di rumah kita. Coba bayangkan hal tersebut sering kali terjadi di sebuah perusahaan/perkantoran dimana karyawan sering kali lupa mematikan AC ketika waktu istirahat dan pulang pada setiap ruangannya. Hal tersebut baru kita bahas dalam sisi ekonomi, belum pada sisi keamanan. Untuk mengatasi hal tersebut, pada jaman ini sudah ada “Smart panel listrik” yang bisa me-manage dan memonitor akan penggunaan listrik, baik itu tegangan tinggi ataupun tegangan rendah.

Definisi

Smart Panel merupakan alat untuk mengelola energi listrik dengan lebih sederhana, lebih aman dan lebih efisien. Smart panel juga dilengkapi meteran energi yang menampilkan beberapa parameter yang bisa langsung dilihat pada layar lokal ataupun bisa dikoneksikan dengan monitor di ruangan control room. Selain itu, smart panel ini didukung juga dengan data logger yang bisa memberikan hystorical data untuk kemudahan analisa. Sedangkan untuk hal keamanan dan pengendalian akan dilakukan oleh MCB (miniature Circuit Breaker), MCCB (moulded Case Circuit Breaker) dan ACB (Air Circuit Breaker). Dengan semua fasiltas pendukung ini, smart panel bisa mendukung anda untuk mendeteksi kelebihan beban dan inefisiensi secara proaktif dan akurat untuk meningkatkan efisiensi operational.

Cara Kerja

Smart panel beroperasi dengan mengumpulkan informasi tentang penggunaan energi yang digunakan seperti lampu, AC, kulkas dan televisi, etc secara real time yang akan ditampilkan pada sebuah monitor. Jika terlihjat sesuatu kondisi yang tidak normal maka kita bisa menganalisa penyebabnya. Selain itu, smart panels ini juga memberikan informasi seberapa banyak uang yang harus anda keluarkan dalam penggunaan energi listrik tersebut pada rentang waktu jam, hari, bulan atau pun tahun. Dan tidak kalah penting juga, smart panels ini menyediakan fasilistas  “rekomendasi penggunaan listrik optimum” pada rumah ataupun sistem anda terhadap beban secara keselurahan yang dibutuhkan anda. Dengan adanya informasi seberapa banyak uang yang harus Anda bayar, maka Anda bisa memverifikasi tagihan yang ditagihkan oleh PLN, bukan hanya perkiraan berdasarkan penggunaan sebelumnya.

Smart Panel Flow Diagram

Smart Panel Flow Diagram

Kelebihan smart panel

  1. Meningkatkan Keamanan sistem

Smart panel akan mendukung Anda untuk terhindar dari power outage dan downtime melalui notifikasi secara real time. Dengan memonitor konsumsi energi sistem, Anda akan mengetahui kondisi peralatan, jika terdapat suatu kondisi yang tidak normal maka Anda bisa melakukan perawatan dan perbaikan peralatan sebelum terjadinya power outage.

  1. Meningkatkan Efisiensi

Smart Panel akan menghemat konsumsi energi sistem Anda dengan memperoleh gambaran secara keseluruhan tentang penggunaan daya peralatan Anda. Dengan mengetahui pola dari konsumsi energi tersebut, Anda dapat mem-program smart panels untuk mengatur peralatan-peralatan tersebut kapan ON dan kapan OFF.

  1. Mengurangi biaya perawatan

Smart panel juga membantu Anda untuk mengurangi biaya perawatan dengan mengetahui siklus dan durasi waktu peralatan aktif sehingga Anda bisa melakukan perawatan secara terjadwal yang memungkinkan Anda untuk melakukan persiapan material secara optimal.

  1. Monitoring jarak jauh dan real time

Smart Panels ini dilengkapi dengan fitur Ethernet yang mengurangi kendala bandwith yang memungkinkan Anda untuk memonitor peralatan secara real time. Selain itu, Smart Panel ini juga membantu Anda dalam memonitor peralatan Anda dari jarak jauh di seluruh dunia karena dilengkapi dengan komponen Enerlin’X yang mengirimkan data langsung ke komputer atau smartphone Anda.

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi:

  1. www.se.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...