Cara Kerja MCCB (Molded Case Circuit Breaker)

Pernah kah Anda mempunyai pengalaman ketika sedang menonton TV di rumah tiba-tiba listrik di rumah Anda drop karena orang tua Anda sedang menghidupkan mesin cuci, kulkas, AC dan setrika secara bersamaan? Ketika listrik rumah Anda drop biasanya Anda akan langsung lihat apakah listrik di rumah tetangga Anda juga drop atau tidak. Jika tidak, maka Anda langsung check MCB (Miniature Circuit Breaker) di Rumah Anda apakah dalam kondisi ON atau OFF. Jika MCB tersebut dalam kondisi OFF maka listrik di rumah Anda drop yang disebabkan oleh kelebihan beban atau arus. Seperti itu lah cara kerja MCCB, hanya saja MCCB ini digunakan pada skala Industri sedangkan MCB digunakan di rumah dengan kebutuhan arus yang tidak begitu besar. Persamaannya adalah sama-sama berfungsi sebagai alat proteksi ketika kelebihan beban. Terus apa bedanya dengan sekering (fuse)? yang biasanya sebagai alat proteksi di rumah. Kalau sekering digunakan untuk arus yang sangat rendah dimana ketika kelebihan arus, maka kawat di dalam sekering tersebut terbakar atau putus yang menyebabkan arus listrik terputus. Lalu apa bedanya dengan sakelar yang sama sama berfungsi sebagai penyambung dan pemutus arus listrik? sakelar tidak ada fitur untuk memutus arus listrik secara otomatis ketika kelebihan arus.

Apa itu MCCB?

Molded Case Circuit Breakers (MCCB) merupakan perangkat pemutus arus listrik pada peralatan listrik seperti lampu, motor, etc yang dilengkapi dengan fitur temperature sensor dan arus sensor sehingga MCCB ini dapat bekerja secara otomatis berdasarkan kondisi arus dan temperature. Fungsi utama dari MCCB ini adalah sebagai alat proteksi pada peralatan listrik sehingga tidak terjadi short circuit (korslet) atau kerusakan atau terbakar karena kelebihan arus listrik ataupun temperature. Terus apa bedanya dengan MCB (miniature Circuit Breaker) ? perbedaan utama dengan MCB adalah MCCB dapat mem-proteksi peralatan listrik dari 15 Ampere hingga 2500 Ampere.

Cara Kerja MCCB

https://electrical-engineering-portal.com/the-basics-of-molded-case-circuit-breakers-you-must-know

Source://electrical-engineering-portal.com/

Cara kerja MCCB terdapat 3 mekanisme untuk memutus arus listrik, yang pertama adalah mekanisme thermal dan yang kedua adalah mekanisme magnetik. untuk mekanisme thermal (temperature), MCCB memiliki bidang kontak bimetal yang bisa melakukan ekspansi dan kontraksi dalam menanggapi perubahan temperature. Dalam kondisi operasi normal, kontak bimetal memungkinkan arus listrik melalui MCCB. Tapi, sesaat setelah arus melebihi set point yang ditetapkan, kontak bimetal akan mulai memanas dan ekspansi hingga menekan tuas operating MCCB yang menyebabkan arus listrik terputus (trip). yang kedua adalah mekanisme magnetik dimana kelebihan arus (overcurrent) yang cukup tinggi akan menyebabkan arus listrik tersebut menginduksikan medan magnet koil solenoid yang menarik tuas operating MCCB sehingga arus listrik terputus. Dan yang terakhir, MCCB juga menyediakan sakelar pemutusan arus listrik secara manual yang digunakan untuk memutus arus listrik ketika melakukan pekerjaan maintenance.

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...