Bus Listrik ITS Karya Anak Bangsa

bus listrik ITS karya anak bangsaITS brings SCIENCE & TECHNOLOGY to SOCIETY

Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan bus inovatif dengan sumber tenaga dari energi listrik pada tanggal 24 november 2014. Bus ini dilengkapi dengan panel surya sebagai tambahan energi dari sinar matahari itu rencananya akan dioperasikan di dalam lingkungan kampus per Januari 2015.

Sistem energi dari bus listrik ini berasal dari 80 persen tenaga listrik dan 20 persen tenaga matahari. Oleh karena itu, pada bagian atas bus diberi solar panel untuk menyerap sinar matahari lalu diubah menjadi tenaga listrik yang akan disimpan di dalam baterai lalu tenaga listrik ini akan digunakan untuk menggerakkan motor listrik. Pengisian baterai berkisar selama 8–10 jam dan bisa dioperasikan dalam jarak 160 kilometer setelah diisi penuh selama delapan hingga 10 jam. Kapasitasnya 26 penumpang, dengan rincian Sembilan orang duduk dan 17 orang berdiri. Bus listrik ini berukuran 6 m x 2,1 meter, memiliki berat tanpa penumpang sebesar empat ton dan maksimal mampu mengangkut beban sebesar 6 – 7 ton.

bus listrik ITS karya anak bangsa

Ketua Tim Riset Bus Listrik, Dr. Muhammad Nur Yuniarto, mengatakan bahwa sejak bus listrik ini dipesan dua bulan lalu, sejak itu pula mereka bekerja keras selama 24 jam sehari dalam waktu dua bulan. Tim dari bus listrik ini terdapat:  ’’Ada lima dosen, tujuh orang mekanik, dan 40 mahasiswa yang terlibat mulai dari Teknik Mesin, Elektro, dan Fisika’’ ucap dosen Teknik Mesin tersebut.

’’Tapi, karena ini masih prototipe pertama, jadi bus listrik ini masih dihibahkan menjadi kendaraan di dalam Kampus ITS,’’ papar Pak Nur. Rencananya, akhir bulan ini mencoba rute yang pertama. Jadi, targetnya awal tahun depan sudah bisa digunakan di lingkungan ITS. “Tak hanya itu, dalam jangka waktu satu tahun ke depan kami juga akan membangun stasiun pengisinya,” ujar Pak Nur.

Bus listrik ini merupakan karya kelima ITS setelah meluncurkan serangkaian mobil listrik nasional, yaitu: Ezzy ITS 1, Ezzy ITS 2, Braja Wahana, dan Sapu Angin Surya pada Mei 2014.

Berikut adalah video demo dari bus listrik ITS karya anak bangsa:

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi: www.insinyoer.com/prinsip-kerja-motor-listrik

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...