Bagaimana membuat CV yang menarik?

article-new_ehow_images_a00_0f_c3_write-curriculum-vitae-800x800Sebelum kita berbicara bagaimana membuat CV yang menarik atau Curriculum vitae, lebih baik kita mendefinisikan terlebih dahulu apa arti dari CV tersebut. CV adalah sebuah media tentang identitas kita yang memuat tentang sejarah pendidikan, prestasi, kelebihan, dan pengalaman organisasi ataupun pekerjaan. CV biasa juga disebut dengan resume atau aplikasi yang digunakan untuk melamar sebuah pekerjaan.

Mengapa CV ini penting dalam melamar  pekerjaan?Pernah kah Anda bayangkan berapa banyak CV yang masuk pada proses seleksi masuk di sebuah perusahaan? Jika kita mengacu pada proses seleksi di  perusahaan yang bagus maka secara statistic peserta yang daftar lebih dari 1000 peserta ataupun bisa lebih.Jika Anda berada pada posisi  PENYELEKSI maka apa yang Anda rasakan jika Anda disuruh untuk membaca 1000 CV? Saya pikir semua orang akan jenuh jika membaca 1000 CV yang tidak menarik. That’s why membuat  CV yang menarik itu Penting, jika Anda membuat CV yang menarik, unik dan simple maka Anda akan mempunyai poin plus tersendiri dibandingkan competitor Anda yang lain.

Bagaimana membuat CV yang menarik?

  1. Buat lah CV Anda secara simple dan terstruktur.
  2. Usahakan membuat CV tidak lebih dari 2 – 3 lembar. Biasanya para new jobseeker akan membuat CV 5 – 8 lembar. Kenapa CV yang lebih sedikit itu lebih baik? Jawaban nya kembali lagi pada peserta yang daftar sekitar 1000 peserta.
  3. Jangan Copy Paste format CV teman Anda! Buat lah format CV Anda sendiri karena jika Anda membuat sendiri maka itu bisa lebih informatif dan juga hal tersebut akan membantu Anda nanti ketika mempresentasikan diri Anda pada saat wawancara . Luangkan lah waktu sejenak untuk menulis kelebihan dan kekurangan Anda sendiri karena setiap orang mempunyai history pendidikan, prestasi yang berbeda-beda.
  4. Prioritaskan isi dari CV Anda pada kelebihan-kelebihan yang terkait dengan perusahaan yang Anda lamar. Jika ketika kuliyah Anda ikut dalam banyak organisasi dan kepanitiaan dari semester satu hingga semester 7 maka kurangi pengalaman yang tidak terlalu powerful Contoh nya “ketika Anda menjadi seorang staff”. Cukup isi dengan pengalaman Anda ketika menjadi seorang coordinator acara atau ketua divisi dari organisasi tersebut.

 Kapan waktu yang  tepat mengirim CV?

Saat yang paling tepat untuk mengirimkan CV adalah ketika perusahaan tersebut sedang tidak mengiklankan lowongan kerja di media. Banyaknya CV pelamar yang dikirim pada waktu yang bersamaan akan menurunkan daya saing Anda. Lowongan kerja yang tidak diumumkan ini bisa terjadi karena adanya karyawan yang tiba-tiba resign, kekurangan personel untuk mengejar progress proyek dan sebagainya sehingga perlu dilakukan recruitment segera. Jika Anda tidak tahu alamat email untuk mengirimkan CV ke perusahaan yang ingin Anda tuju maka sebaiknya Anda bertanya ke senior Anda ketika kuliyah atau orang yang Anda kenal yang sedang bekerja di perusahaan tersebut.

Perusahaaan yang bagus biasanya memiliki sistem database CV yang sangat baik, jadi bila terdapat kebutuhan untuk menambah karyawan dengan segera, langkah pertama yang dilakukan oleh HRD & user adalah mencari kandidat dari database CV pelamar, selain itu juga  menyebarkan informasi lowongan ke karyawan mereka untuk merekomendasikan teman-temannya. Dua cara ini lebih disukai karena lebih efisien dan proses perekrutan bisa dilakukan dengan cepat.

berikut ini ada contoh format CV yang mungkin bisa jadi referensi Anda!! tapi ingat, buat lah CV Anda sendiri.

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...