Android Tutorial – Pengenalan

Gambar 1 - Header android ( inobisindo.com )

Gambar 1 – Header android ( inobisindo.com )

Android adalah sebuah open source yang beroperasi pada sistem operasi (OS) Linux untuk perangkat bergerak ( mobile devices ), seperti: smartphones dan tablet. Android dirancang oleh Open Handset Alliance yang dikembangkan oleh google dan beberapa perusahaan lainnya.

Tutorial ini akan mengajarkan Anda tentang pemrograman android tingkat dasar dan juga sedikit konsep lebih lanjut mengenai pengembangan aplikasi Android, seperti list berikut ini:

  1. Android Tutorial – Pengenalan
  2. Komponen Aplikasi Android
  3. Instalasi Android Studio pada Windows
  4. Komponen Arsitektur Android
  5. Membuat Aplikasi Android

Pemrograman android didasarkan pada Bahasa Pemrograman Java jadi jika Anda sedikit paham tentang bahasa pemrograman java maka ini akan mempermudah Anda untuk belajar pengembangan aplikasi android.

Sebelum membaca bagian lebih lanjut, ada beberapa kamus kecil yang perlu dipahami :

  1. Open Source dan Source Code adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu atau lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan source-code yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.
  2. UI (User Interface) merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). User Interface berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan
  3. Widget adalah aplikasi pelengkap yang relatif sederhana dan mudah digunakan, contohnya seperti kalender, alarm, kalkulator dll .
  4. Multi-Touch adalah kemampuan dari sebuah layar sentuh untuk mengidentifikasi lebih dari satu titik sentuhan pada layar tersebut. Artinya meskipun Anda menggunakan layar tersebut dengan 2 jari, maka kedua jari Anda akan terdeteksi oleh layar sentuh tersebut.
  5. Multi-Task adalah kemampuan untuk melakukan banyak hal secara bersamaan.

Apa Itu Android ?

Gambar 2 - Who is Android (www.google.com)

Gambar 2 – Who is Android (www.google.com)

Seperti penjelasan di awal, Android adalah open source dan Sistem operasi berbasis Linux untuk perangkat bergerak seperti smartphone dan tablet. Android dikembangkan oleh Open Handset Alliance, yang dinaungi oleh Google, dan beberapa perusahaan lainnya.

Android memberikan pendekatan terpadu untuk mengembangkan aplikasi perangkat bergerak yang artinya pengembang hanya perlu mengembangkan sebuah aplikasi Android dan aplikasinya dapat berjalan pada setiap perangkat yang menggunakan sistem operasi Android.

Versi beta pertama dari Android Software Development Kit (SDK) dikeluarkan oleh Google pada tahun 2007 dimana versi yang dijual pertama kali yaitu Android 1.0 dikeluarkan pada September 2008.

Source code untuk Android tersedia gratis dalam lisensi software open source. Google mem-publikasikan banyak kode dibawah Lisensi Apache  versi 2.0 dan yang lainnya, Perubahan Kernel Linux, dibawah Lisensi Umum GNU Versi 2

Kenapa Memilih Android ?

Gambar 3 - Why Android ( www.tutorialspoint.com)

Gambar 3 – Why Android ( www.tutorialspoint.com)

Fitur-Fitur Android

Android merupakan Sistem Operasi yang sangat bagus dan sedang bersaing dengan sistem operasi Apple. Android juga menunjang banyak fitur seperti pada list berikut:

FeatureDescription
Browser WEBBerbasis pada mesin layout WebKit open source, dipasangkan dengan mesin Chrome’s V8 JavaScript yang menunjang HTML5 dan CSS3.
UI (User Interface) yang menarikTampilan dasar Sistem Operasi Android memberikan UI yang menarik dan mudah digunakan..
PenyimpananSQLite, Sebuah database relasional yang ringan, umumnya digunakan untuk penyimpanan data
Menunjang MediaH.263, H.264, MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB, AAC, HE-AAC, AAC 5.1, MP3, MIDI, Ogg Vorbis, WAV, JPEG, PNG, GIF, and BMP
PerpesananSMS and MMS
KonektivitasGSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE, NFC and WiMAX.
Multi-touchAndroid memiliki support asli untuk multi-touch yang dimana awalnya dibuat pada handset seperti HTC Hero.
Multi-taskingUser dapat berpindah dari suatu tugas ke tugas lainnya dalam waktu yang sama dengan beberapa aplikasi yang dapat berjalan bersamaan.
Widget dengan ukuran bebasUkuran widget dapat diubah, jadi pengguna dapat memperbesarnya untuk menampilkan kontekn lebih banyak atau mengecilkannya untuk menghemat tempat
Banyak BahasaMenunjang banyak bahasa.
GCMGoogle Cloud Messaging (GCM) adalah sebuah servis yang memberikan pengembang untuk mengirimkan pesan singkat ke penggunanya dalam perangkat android, tanpa perlu sinkronasi.

Aplikasi Android

Aplikasi Android biasanya dikembangkan dalam bahasa java menggunakan Android Software Development Kit.

Ketika berhasil dikembangkan, aplikasi Android dapat dengan mudah dikemas dan dijual ke berbagai macam toko seperti Google Play, SlideME, Opera Mobile Store, Mobango, F-droid dan Amazon Appstore.

Android digunakan lebih dari seratus juta perangkat bergerak dalam 190 negara di dunia dan juga merupakan sistem operasi yang diinstal terbanyak dan tumbuh dengan cepat. Setiap hari lebih dari 1 juta perangkat Android diaktifkan di dunia.

Tutorial ini ditulis dengan tujuan untuk mengajarkan Anda bagaimana cara mengembangkan dan mengemas aplikasi Android. Kita akan memulai dari environment setup untuk melakukan pemrograman aplikasi Android, lalu belajar lebih dalam mengenai berbagai macam aspek dari aplikasi Android.

Kategori Aplikasi Android

Ada berbagai macam aplikasi Android di pasaran, namun yang paling sering digunakan adalah:

Gambar 4 - Categories ( www.tutorialspoint.com)

Gambar 4 – Categories ( www.tutorialspoint.com)

Sejarah Android

Kode Nama dari Android saat ini bermacam-macam dari A sampai L, Seperti: Aestro, Blender, Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwitch, Jelly Bean, KitKat and Lollipop.

Gambar 5 - History ( www.tutorialspoint.com)

Gambar 5 – History ( www.tutorialspoint.com)

Apa itu API Level?

API Level adalah sebuah angka yang unik yang mengidentifikasikan jumlah revisi dari sebuah android yang telah dilakukan

Platform VersionAPI LevelVERSION_CODE
Android 5.122LOLLIPOP_MR1
Android 5.021LOLLIPOP
Android 4.4W20KITKAT_WATCH
Android 4.419KITKAT
Android 4.318JELLY_BEAN_MR2
Android 4.2 dan 4.2.217JELLY_BEAN_MR1
Android 4.1 dan 4.1.116JELLY_BEAN
Android 4.0.3 dan 4.0.415ICE_CREAM_SANDWICH_MR1
Android 4.0, 4.0.1 dan 4.0.214ICE_CREAM_SANDWICH
Android 3.213HONEYCOMB_MR2
Android 3.1.x12HONEYCOMB_MR1
Android 3.0.x11HONEYCOMB
Android 2.3.4 dan 2.3.310GINGERBREAD_MR1
Android 2.3.2, 2.3.1 dan 2.39GINGERBREAD
Android 2.2.x8FROYO
Android 2.1.x7ECLAIR_MR1
Android 2.0.16ECLAIR_0_1
Android 2.05ECLAIR
Android 1.64DONUT
Android 1.53CUPCAKE
Android 1.12BASE_1_1
Android 1.01BASE

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi:

  1. www.tutorialspoint.com,
  2. wikipedia.org/Multi-touch,
  3. wikipedia.org/Widget_perangkat_lunak,
  4. wikipedia.org/Antarmuka_pengguna

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...