Anak Indonesia Memenangkan GE’s 3D Printing Design Bracket Mesin Jet di USA

Gambar 1 - Mesin Jet (www.3ders.org)

Gambar 1 – Mesin Jet (www.3ders.org)

Arie Kurniawan merupakan mahasiswa salatiga yang berhasil menjadi juara pertama pada lomba 3D Printing Design Jet Engine Bracket yang diselenggarakan oleh General Electric (GE) di Ameriika Serikat pada 11 Desember 2013. Kompetisi 3D Printing Design Jet Engine Bracket ini diikuti oleh 700 peserta dari 56 negara.

Apa itu Kompetisi 3D Printing Jet Engine Bracket?

Kompetisi ini adalah kompetisi men-desain ulang bracket jet engine secara 3D yang siap difabrikasi. GE meminta peserta untuk benar-benar menata kembali bracket dari mesin jet ini sehingga membuatnya menjadi 30 persen lebih ringan dan mampu menahan beban Mesin Jet sebesar 12.500 lb. Jika bracket ini berhasil maka mereka juga berencana untuk ekspansi ke part yang lebih kompleks. Berikut ini adalah contoh design bracket dari GE sendiri :

Gambar 2 - GE's Design Jet Engine Bracket (www.3ders.org)

Gambar 2 – GE’s Design Jet Engine Bracket (www.3ders.org)

10 pemenang utama akan mendapatkan hadiah sebesar 1000 dollars dan juara pertama akan mendapatkan 7000 dollars lagi. Berikut daftar 10 pemenang utama dari kompetisi ini dimana juara pertamanya adalah M. Arie Kurniawan yang berasal dari Indonesia dan mampu mengalahkan Doktor (Ph.D) dari Swedia :

  1. Arie Kurniawan (Indonesia)
  2. Thomas Johansson, Ph.D (Sweden)
  3. Sebastian Vavassori ( United Kingdom)
  4. Nic Adams (Australia)
  5. Fidel Chirtes (Romania)
  6. Mandli Peter (Hungary)
  7. Andreas Anedda (Italy)
  8. Piotr Mikulski (Poland)

Untuk hasil design dari masing-masing peserta bisa dilihat disini, dimana design bracket karya M. Arie Kurniawan terlihat pada gambar di bawah ini :

Gambar 3 - Design Bracket Mesin Jet dari M. Arie Kurniawan (www.3ders.org)

Gambar 3 – Design Bracket Mesin Jet dari M. Arie Kurniawan (www.3ders.org)

Menurut hasil analisa Juri dari GE, Bracket dari Arie Kurniawan ini memiliki kombinasi terbaik dari “kekakuan dan ringan”. Bracket sekarang yang digunakan GE memiliki berat sebesar 2.033 gram (£ 4,48) dan Arie mampu memangkas berat bracket ini hampir 84 persen menjadi 327 gram (£ 0,72). Desain Arie terinspirasi oleh profil H-beam yang dapat menangani kedua beban vertikal dan horizontal.

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi:

  1. www.3ders.org,
  2. www.engineering.com,

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...