10 Penemuan Thomas Alva Edison

10 penemuan Thomas Alva EdisonMungkin Anda familiar dengan quote yang satu ini:  “Genius is 1 percent inspiration and 99 percent perspiration”.  Tanpa perlu di pertanyakan lagi, petikan kata diatas adalah milik Thomas Alva Edison yang dikenal masyarakat dunia sebagai tokoh penemu lampu. Hidup kita akan sangat berbeda tanpa penemuan dari Thomas Alva Edison . Pencipta luar biasa ini mengubah budaya kita dengan karya-karyanya yang tak terhitung jumlahnya mulai dari rekaman suara hingga batterai untuk mobil listrik.

Thomas Alva Edison, lahir di Ohio pada tahun 1847, memperoleh paten pertamanya pada usia 21 tahun . sedangkan Paten terakhir nya adalah namanya sendiri yang diberikan dua tahun setelah kematiannya pada tahun 1933 . Edison mempunyai  1.093 hak paten di  Amerika Serikat dan lebih dari 1.200 paten di negara-negara lain (sumber : Rutgers ). Biographers menemukan bahwa rata-rata Edison membuat paten setiap dua minggu selama hidupnya bekerja. Kebanyakan penemuan Edison jatuh ke dalam delapan kategori utama yaitu baterai , lampu listrik, phonographs dan rekaman suara, semen, pertambangan, film, telegraf dan telepon. Tetapi  penemuan utamanya adalah lampu pijar listrik dan phonograf.

Berikut adalah 10 penemuan Thomas Alva Edison:

  • Electrographic Vote-Recorder

10 penemuan Thomas Alva Edison
Edison adalah seorang penemu telegraf pada usia 22 tahun ketika itu dia mendapatkan hak paten pertamanya untuk mesin yang disebutnya electrographic vote recorder. Pada saat itu, dia adalah salah satu dari beberapa peneliti dan penemu yang mengembangkan fasilitas untuk badan-badan legislatif. Seperti pada Kongres AS, dia menemukan metode untuk merekam suara para legislatif dengan cara yang lebih cepat dan tepat. Dalam Electrographic Vote-recorder tersebut, perangkat voting terhubung ke meja panitia. Di meja itu akan ada nama-nama legislator yang tertanam di dalam logam yang dibagi menjadi dua kolom, yaitu: “ya ” dan “tidak”. Para Legislator akan menekan salah satu tombol “ya” atau “tidak” di perangkat tersebut dan perangkat itu akan mengirimkan arus listrik ke perangkat yang lain di meja panitera .

  • Pneumatic Stencil Pen

10 penemuan Thomas Alva Edison

Edison menemukan nenek moyang dari mesin tatto elektrik yaitu pena stensil pneumatik. Pena listrik ini menggunakan jarum baja pada ujungnya untuk melubangi kertas biasanya digunakan untuk keperluan percetakan sebelum akhirnya digunakan pada mesin tatto. Pena stencil pneumatic ini merupakan salah satu perangkat pertama yang efisien untuk menyalin dokumen dan perangkat ini dipatenkan oleh Edison pada tahun 1876.

Pada tahun 1891, seniman tatto Samuel O’Reilly dianugerahi paten pertama untuk sebuah mesin tatto. Mesin tattoo ini jauh lebih cepat daripada tattoo tangan. Perangkat ini diduga sebagai hasil innovasi dari stensil pena Edison. O’Reilly rupanya hanya memproduksi satu mesin saja yang digunakan untuk pribadi sendiri.

  • Magnetic Ore Separator

10 penemuan Thomas Alva Edison

Mungkin kegagalan terbesar dalam karir Edison adalah Magnetic Ore Separator. Cara kerja Magnetic Ore Separator ini adalah menggunakan magnet untuk memisahkan bijih besi yang berkualitas dengan bijih besi yang lower grade. Hal ini membuat tambang pasir besi menguntungkan sekali karena bisa mengekstraksi besi dari pasir nya.  Edison bereksperimen dari tahun 1880-an hingga 1890-an di laboratorium nya sendiri. Laboratorium Edison sibuk dengan mengembangkan Magnetic Ore separator dan menyimpannya untuk penggunaan praktis. Ia memperoleh hak paten untuk 145 tambang dan mendirikan sebuah proyek percontohan di tambang Ogden New Jersey.

  • The Electric Power Meter

10 penemuan Thomas Alva Edison

Edison menemukan paten pengukuran konsumsi listrik suatu rumah yang disebut Webermeter pada tahun 1881. Webermeter berisi dua atau empat sel elektrolitik dengan Zinc pada kedua elektroda dan Zinc sulfat. Zinc ditransfer dari satu elektroda ke elektroda lainnya dalam satu siklus dan hal ini ditetapkan sebagai listrik yang digunakan.

  • Metode Pengawetan Buah

10 penemuan Thomas Alva Edison

Pada tahun 1881, Edison mengajukan paten untuk sebuah metode pelestarian buah-buahan, sayuran atau bahan organik lainnya di dalam sebuah bejana kaca. Ketika bejana kaca tersebut terisi dengan buah-buahan, lalu bejana tersebut di tutup rapat dengan sepotong kaca kemudian udara yang ada di dalam bejana tersebut akan di sedot oleh pompa vacuum dari luar.

  • Alkaline Battery for Electric Cars

10 penemuan Thomas Alva Edison

Thomas Edison sangat percaya bahwa suatu saat nanti sumber energi mobil akan berasal dari listrik. Pada tahun 1899, ia mulai mengembangkan penyimpanan listrik pada sebuah baterai alkaline. Dan pada tahun 1900, Ada sekitar 28 persen  lebih dari 4.000 mobil yang diproduksi di Amerika menggunakan energi listrik (sumber: PBS). Tujuan Edison pada saat itu adalah menciptakan sebuah baterai yang bisa berjalan selama 100 mil (161 kilometer) tanpa pengisian ulang. Tetapi  Edison menyerah setelah sekitar 10 tahun menjalankan proyek tersebut karena kelimpahan mobil bensin dan kurang nya dukungan pemerintah setempat.

Tapi pekerjaan Edison tidak sia-sia, baterai penyimpanan menjadi penemuan paling menguntungkan yang digunakan pada lampu-lampu tambang, sinyal kereta api dan pelampung laut. Temannya Henry Ford juga menggunakan baterai Edison di Model Ts nya.

  • Beton Rumah

10 penemuan Thomas Alva Edison

  • Concrete Furniture

10 penemuan Thomas Alva Edison

  • Phonograph for Dolls or Other Toys

10 penemuan Thomas Alva Edison

  • The Spirit Phone

10 penemuan Thomas Alva Edison

Pada Oktober 1920, Edison mengumumkan bahwa ia telah membuat mesin komunikasi dengan dunia kematian. Pada masa setelah Perang Dunia I, dunia spiritualisme memang menjalani kebangkitan dan banyak orang berharap ilmu tersebut bisa menyediakan sarana untuk mengakses jiwa yang baru saja meninggal. Suatu ketika, Edison berhubungan dengan penemu Inggris Sir William Crookes yang mengaku memiliki foto yang diambil pada “spirit photo”. Foto ini lah yang diduga mendorong Edison, tapi ia tidak pernah memperkenalkan mesinnya tersebut yang katanya bisa berkomunikasi dengan orang mati. Setelah kematiannya sendiri pada tahun 1931, tidak ada mesin yang ditemukan. Banyak orang percaya bahwa ia hanya memberikan lelucon kepada wartawan tentang ” The Spirit Phone”

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi: www.howstuffworks.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...