10 Kereta Api Tercepat di Dunia

  1. Talgo 350 (350 Km/Jam, spain)

Gambar 5 - Talgo 350 (themysteriousworld.com)

Gambar 5 – Talgo 350 (themysteriousworld.com)

Talgo 350 dikembangkan oleh Patentes Talgo dan diproduksi oleh Patentes sendiri bekerjasama dengan Bombardier Transportation. Pada awalnya, Talgo 350 ini memiliki nama RENFE AVE Class 100, tetapi sekarang dikenal dengan sebutan El Pato (the duck). Kereta Api ini beroperasi pada jalur Madrid – Zaragoza – Lleida sejak tahun 2005 dengan kecepatan operational maksimum 350 Km/Jam dan 365 Km/Jam pada saat uji coba .

  1. E5 Series Shinkansen Hayabusa (320 Km/jam, Jepang)

Gambar 6 - Shinkansen Hayabusa (themysteriousworld.com)

Gambar 6 – Shinkansen Hayabusa (themysteriousworld.com)

Shinkansen E5 Hayabusa adalah layanan kereta api berkecepatan tinggi tercepat pada tahun 2011 lalu yang dioperasikan oleh perusahaan East Japan Railway Company. Kereta Api ini mengangkut penumpang dari Tokyo ke Kota Aomory hanya dalam waktu 2 jam 56 menit.

Desaign depan dari Kereta Api ini memiliki hidung sepanjang 15 meter dengan tujuan meminimalkan suara dan getaran saat melintasi terowongan. Shinkansen E5 Hayabusa ini memiliki tiga kelas utama, yaitu : StAndard, Green, dan Gran dimana masing-masing tersedia 658 kursi, 55 kursi dan 18 kursi. Kelas gran merupakan kelas Premium yang menwarkan Anda fasilitas mewah dimana Anda dapat berbaring di dalamnya.

  1. Alstom Euroduplex (320 Km/Jam, France)

Gambar 7 - Alstom Euroduplex (themysteriousworld.com)

Gambar 7 – Alstom Euroduplex (themysteriousworld.com)

Alstom Euroduplex adalah Kereta Api seri ketiga dari TGV Duplex yang dioperasikan oleh perusahaan kereta api perancis, SNCF. Kereta Api ini memngangkut penumpang antar Negara dari Perancis, Swiss, Jerman dan Luksemburg dengan kecepatan operational maksimum 320 Km/Jam.

Alstom Euroduplex memulai layanan pada bulan desember tahun 2011 dimana dapat mengangkut 1.020 penumpang pada satu waktu. Kereta ini dirancang oleh Alstom Company dimana designnya lebih aerodinamis dan memiliki bobot yang lebih ringan jika dibandingkan dengan dua generasi sebelumnya .

  1. TGV Duplex (320 Km/Jam, France)

Gambar 8 - TGV Duplex (themysteriousworld.com)

Gambar 8 – TGV Duplex (themysteriousworld.com)

Sama seperti halnya Alstom Euroduplex, TGV duplex merupakan kereta api cepat yang didesain oleh Alstom Company yang beroperasi di Perancis. TGV Duplex ini merupakan generasi pertama dari ketiga kereta api duplex Alstom. Kereta Api ini diproduksi dari tahun 1996 hingga 2004 dimana mempunyai kapasitas kursi 512 penumpang. TGV Duplex beroperasi pada jalur Mediterranee antara Paris dan Marseille.

  1. ETR 500 Frecciarossa Train (300 Km/Jam, Italy)

Gambar 9 - ETR 500 Frecciarossa Train (themysteriousworld.com)

Gambar 9 – ETR 500 Frecciarossa Train (themysteriousworld.com)

ETR 500 Frecciarossa merupakan salah satu layanan kereta api tercepat di Italia yang dioperasikan oleh perusahaan Trenitalia. Frecciarossa memiliki kecepatan operational maksimum 300 Km/jam. Layanan ini beroperasi pada rute Milan-Roma-Naples. Pada kecepatan maksimum, Frecciarossa mampu mencapai Roma dari Milan hanya dalam 2 jam 40 menit dan kereta ini memiliki empat kelas, yaitu : stAndar, premium, bisnis dan eksekutif.

  1. THSR 700T (300 Km/Jam, Taiwan)

Gambar 10 - THSR 700T (themysteriousworld.com)

Gambar 10 – THSR 700T (themysteriousworld.com)

THSR 700T adalah kereta api tercepat di Taiwan. Kereta ini mulai beroperasi pada 5 januari 2007 dengan melintasi dari Taipei ke kota Kaohsiung.Pada kecepatan puncak, THSR 700T dapat mempersingkat waktu perjalanan antar kota-kota dari sempat setengah jam hanya 90 menit.

Kereta THSR 700 T dibangun di Jepang  oleh tiga perusahaan besar, yaitu: Kawasaki Heavi Industry, Nippon Sharyo dan Hitachi. Kereta ini dapat memberikan akselerasi 0 – 300 Km/jam hanya dalam 15 menit. Selain itu, Kereta ini mempunyai 2 kelas, yaitu: kelas bisnis dengan 66 kursi dan kelas stAndar dengan 923 kursi.

Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, mohon untuk di Share because “Sharing is Caring”

Referensi:

  1. www.railway-technology.com,
  2. themysteriousworld.com

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...