10 Kereta Api Tercepat di Dunia

Gambar - 10 kereta api tercepat di dunia

Gambar – 10 kereta api tercepat di dunia

Di Negara maju, Kereta Api merupakan alat transportasi darat yang paling populer dimana kendaraan ini bebas dari kemacetan. Kereta Api sangat dibutuhkan di kota-kota besar seperti di Jakarta untuk membantu masyarakat yang membutuhkan waktu cepat dalam perjalanan mereka sehari-hari. Tentu saja Kereta Api tidak bisa secepat pesawat tebang, tetapi Kereta Api merupakan pilihan travel yang lebih murah, nyaman dan indah jika dibandingkan dengan pesawat terbang. Dengan perkembangan teknologi, beberapa Negara telah berlomba-lomba membuat kereta api tercepat di Dunia. Berikut ini adakah daftar 10 kereta api tercepat di dunia:

  1. Shanghai MagLev (431 Km/Jam, China)

Gambar 1 - Shanghai MagLev (themysteriousworld.com)

Gambar 1 – Shanghai MagLev (themysteriousworld.com)

Shanghai Maglev adalah kereta tercepat di dunia pada saat ini yang mampu beroperasi pada kecepatan maksimum 431 km/jam. Tidak seperti kereta regular, Shangai Maglev berjalan pada kecepatan tinggi di jalur levitasi magnetic shanghai dimana kereta api ini tidak memiliki roda dan mengapung di atas medan magnet diantara kereta api dengan rel.

Shanglai Maglev mampu mencapai kecepatan maksimum 431 Km/Jam hanya dalam waktu 4 menit. Shanghai Maglev ini dibangun oleh Siemens dan ThyssenKrupp Company dan mulai beroperasi  menjadi layanan publik pada 1 Januari 2004 dengan kapasitas 574 penumpang .

  1. Harmony CRH380A (380 Km/Jam, China)

Gambar 2 - Harmony CRH380A (themysteriousworld.com)

Gambar 2 – Harmony CRH380A (themysteriousworld.com)

Harmony CRH380A mampu berlari dengan operational speed sebesar 380 Km/jam. Ini adalah kereta tercepat nomor dua di dunia. Pada desember 2010, The electric multiple unit (EMU) mencatatkan sebuah rekor dengan kecepatan 481,2 Km/Jam ketika kondisi trial pada jalur Shanghai-Hangzhou. CRH380A mulai dioperasikan pada oktober 2010 pada jalur Beijing ke Shanghai. Kereta Api CRH380A memiliki kapasitas untuk membawa 494 penumpang pada suatu waktu.

CRH380A didesain seperti kepala ikan untuk mengurangi tekanan aerodinamis dan dilengkapi dengan teknologi “free vibration” yang dirancang oleh CSR Qingdao Sifang Locomotive & Rolling Stock.

  1. AGV Italo (360 Km/Jam, Italy)

Gambar 3 - AGV Italo (themysteriousworld.com)

Gambar 3 – AGV Italo (themysteriousworld.com)

AGV Italo merupakan kereta pertama di seri AGV pada bulan april 2012. Kereta api ini mempunyai kecepatan operational maksimum 360 Km/Jam dan memecahkan rekor kecepatan trial 574.8 Km/Jam pada April 2007. AGV Italo dianggap sebagai kereta yang paling modern di Eropa karena mampu berjalan di koridor Napoli – Roma – Firenze – Bologna – Milano. AGV Italo ini didesain oleh Alstom Company.

  1. Siemens Velaro E/AVS 103 (350 Km/Jam, Spain)

Gambar 4 - Siemens Valero E (themysteriousworld.com)

Gambar 4 – Siemens Valero E (themysteriousworld.com)

Valero E merupakan rancarangan dari German Engineering Company Siemens. Kereta Api ini mempunyai kecepatan operational maksimum 350 Km/Jam dengan kecepatan tertinggi 403,7 Km/Jam pada saat uji coba.

Valero E mulai dioperasikan pada tahun 2007 dengan mengangkut 404 penumpang dari Barcelona ke Madrid hanya dalam 2 jam 30 menit.

COMMENTS

Loading Facebook Comments ...